Rabu, 08 Januari 2014

Analisa Emas 09 January 2014 : Penjualan Koin Emas di Inggris Terus Meningkat

Insya Allah, mulai hari ini, saya usahakan updating harga emas....
semoga bermanfaat ya.... :D


Penjualan Koin Emas di Inggris Terus Meningkat

Harga Emas melemah tipis karena dolar terus mendapatkan support kuat. Indeks dolar didorong ke level tertinggi  7 minggu di atas 81.00, didukung oleh perbaikan data ekonomi AS dan melemahnya mata uang euro.

Mata uang Euro juga ikut melemah ketika meningkatnya ekspektasi bahwa ECB mungkin akan menawarkan kebijakan akomodasi lebih lanjut pada pertemuan ECB pada hari ini. Tentu saja, pertumbuhan ekonomi di zona Eropa masih terlihat rapuh.
Kepala ekonom ECB, Peter Praet menyebut pemulihan masih "teredam dan rapuh" Bank sentral Eropa memproyeksikan GDP 2013 berada di kisaran -0.4 %, sedangkan untuk pertumbuhan 2014 diperkirakan akan +1.1 %.

Namun, ECB cukup prihatin terhadap risiko meningkatnya disinflasi/deflasi di Eropa. Suku bunga ECB yang berada di rekor rendah 0,25 %, tidak mungkin akan menjadikan suku bunga menjadi  0%. Namun, Draghi telah tegas menyatakan dalam beberapa bulan terakhir bahwa semua perangkat kebijakan siap akan dilakukan. LTRO dan suku bunga deposito negatif telah dibahas. ECB tidak diragukan lagi masih dalam mode pelonggaran.

Risalah pertemuan FOMC Desember telah keluar hari ini. Pasar terus menganalisa dengan cermat terkait kemungkinan peruncingan pembelian obligasi. Sebagian besar analis memperkirakan ada tambahan potongan untuk pembelian aset hingga di atas $ 10 Miliar, karena beberapa data ekonomi AS terlihat mendukung.

Dilaporkan hanya dalam 2 hari, UK Mint mengatakan telah kehabisan koin emas 2014 "karena permintaan yang luar biasa" UK Mint mengharapkan untuk memiliki stock koin emas hingga akhir Januari. Laporan tersebut juga memberitahukan bahwa sejak harga emas berada di harga murah telah terjadi peningkatan permintaan untuk koin emas batangan dari pasar koin utama, dan ini saat ini tidak menunjukkan ada tanda-tanda permintaan akan mereda.

Pada pergerakan hari Rabu kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1231.34 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung melemah dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1218.37 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1225.72 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD  5.62.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an kembali berada dalam kondisi terkoreksi. Harga emas berada di bawah indikator simple moving average 200 dan 20 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 48 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak  bullish minor.


Pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali melakukan fase koreksi. Jika harga emas menembus support USD 1214.94 per troy ounce membuka potensi harga akan bergerak ke bawah menuju support USD 1202.46 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di atas support USD 1214.94 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka peluang harga akan bergerak ke atas untuk melakukan fase rebound menuju resistan USD 1247.58 per troy ounce.

Analisa Emas - 9 Januari 2014

Thursday, January 9, 2014

Harga emas ditutup lebih rendah selama sesi perdagangan Rabu (8/1) setelah data ADP Employment AS dirilis dengan hasil yang lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya. Pertemuan FOMC Minutes AS yang berupaya mempertahankan pengurangan stimulus Bank Sentral $10 milliar juga memberikan tekanan cukup besar.
Emas berjangka kontrak Februari mengakhiri sesi perdagangan semalam dengan kerugian sebesar $4.1 atau 0.3% berakhir pada $1,225.50 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. 
Dipasar spot, harga emas mengakhiri sesi perdagangan kemarin dengan kerugian sebesar $5.91 atau sekitar 0.48% berakhir pada $1,225.00 , setelah sebelumnya harga emas sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,232.30 dan serendah $1,218.30. 
Berita Terbaru,
Selama sesi perdagangan berlangsung pasar emas turun selama sesi perdagangan AS pasca dirilisnya data ADP Employment AS yang secara terduga naik menjadi 238.000, naik dari perkiraan dan data sebelumnay masing-masing pada 200.000 (F) dan 228.000 (P).
Harga emas tidak menunjukkan reaksi besar setelah dirilisnya pertemuan FOMC Federal Reserve semalam. Dari pertemuan tersebut Mayoritas anggota setuju dengan keputusan FOMC Desember untuk mulai melakukan pengurangan angka stimulus (tapering) dari kebijakan moneter oleh Fed.
Dalam pertemuan tersebut disebutkan bahwa pengurangan stimulus dalam jumlah yang lebih besar mungkin diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Negara.
Memasuki sesi perdagangan hari ini , pasar masih akan dibumbui dengan beberapa data ekonomi AS dan Eropa yang akan memberikan dampak besar bagi pasar secara global. Setelah ADP dan pertemuan FOMC Minutes semalam beberapa jadwal ekonomi dengan dampak yang cukup besar lain diantaranya adalah : 
Pertemuan para pejabat ECB (European Central Bank) dan BOE (Bank Of England) yang akan membahas seputar tingkat dan stimulus lanjutan dari masing-masing Bank Sentral. Pada sesi perdagangan AS pasar akan terfokus pada tingkat Klaim pengangguran AS untuk periode pekan lalu.
Pada Jum’at (10/11), pasar akan terfokus pada data Non-Farm Payorlls AS yang akan dirilis selama sesi perdagangan Asia pada pukul 20.30 GMT+7. Data ini diperkirakan akan dirilis lebih tinggi dari perkiraan dan data sebelumnya. Hati-hati terjadi revisi pada angka sebelumnya.
Pada perdagangan hari ini, Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,235.00 – $1,208.60 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.
Alternatif Posisi : 
Outlook : Negatif
Short Term Trade :
- Buy If Break $1,235.00
  Target : $1,238.00 ; $1,240.80
- Sell If Break $1,208.60
  Target : $1,205.00 ; $1,202.00

Sumber :  
https://www.antamgold.com/ 
https://www.kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...