Minggu, 23 Februari 2014

Analisa Emas 24 February 2014 : Emas Naik Pada Minggu Ketiga Berturut

Emas Naik Pada Minggu Ketiga Berturut

Harga Emas masih tetap mendapat support yang baik dengan naik pada minggu ketiga berturut-turut, yang merupakan kenaikan pertama kali yang terjadi sejak satu setengah tahun yang lalu, karena permintaan untuk logam emas terus stabil di Barat dan demikian juga dengan permintaan emas fisik di Timur juga masih tetap kuat. Data terbaru dari World Gold Council menunjukkan bahwa ada rekor pada permintaan emas dari Cina di tahun lalu karena investor di Barat melakukan aksi jual.

Pergerakan logam emas mulia masih tetap positif, dan ini dibantu oleh melemahnya data ekonomi, khususnya di Amerika Serikat, yang telah meningkatkan pada kasus bahwa Federal Reserve akan melakukan perlambatan dalam pengurangan obligasi. Beberapa analis Barat sekarang melihat harga logam akan lebih tinggi ke depan, bagaimanapun juga, sementara ini investor AS mengatakan jelas emas tidak lagi bearish, arus logam emas baru-baru ini di bursa ETF menunjukkan bahwa pergerakan emas masih belum sangat bullish.


Setelah sempat melemah di pertengahan minggu setelah rilis pertemuan meeting minute Fed pada bulan Januari yang menunjukkan bahwa bank sentral tampaknya akan terus bertekad untuk mengakhiri program pembelian obligasi pada tahun ini, logam emas terlihat terus menguat pada akhir pekan.

Pergerakan positif emas merupakan bagian dari gelombang akhir pada minggu ini karena permintaan safe haven yang terbaru yang berasal dari kekerasan di Ukraina, bagaimanapun, ada konsensus yang berkembang bahwa data ekonomi baru-baru ini di AS dan di tempat lain mungkin bukan karena semata-mata untuk cuaca musim dingin yang buruk, di mana the Fed mungkin harus kembali memikirkan kembali rencananya untuk melakukan peruncingan.

Pada pergerakan hari Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1322.19 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas sempat melemah di sesi Asia dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1316.87 per troy ounce. Emas kembali menguat terhadap dollar dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1328.44 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1323.42 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 1.23.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an masih terus bergerak bullish. Harga emas terlihat berada di atas indikator simple moving average 50 dan 200 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 55 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak  bearish minor.


Pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali bergerak bullish dan saat ini harga emas kembali akan menguji resistan USD 1331.92  per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke atas menuju resistan USD 1359.25 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1308.21 berpotensi akan disentuh oleh pergerakan harga.

Analisa Emas - 24 Februari 2014

Harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (21/2) dengan keuntungan tipis setelah diperdagangkan dalam kisaran yang sempit selama sesi perdagangan minggu lalu. 
Harga emas diperdagangakan flat setelah dalam pertemuan FOMC minutes AS pekan lalu, Federal Reserve AS tidak memberikan signal terbaru seputar pengurangan program pembelian Aset. Pasar emas mungkin baru akan mengalami pergerakan besar pada pekan ini menjelang testimony hari kedua Janet Yellen yang telah tertunda sejak dua pekan lalu dan data ketenagakerjaan AS ADP dan NFP pekan depan.
Pada akhir pekan, harga emas berjangka kontrak April menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (21/2) dengan keuntungan sebeasar $6.70 atau 0.50% berakhir pada $1,323.60 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. 
Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (21/2) dengan keuntungan sebesar $3.30 atau 0.25% berakhir pada level $1,326.00 Sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,328.35 dan serendah $1,315.95. 
Selama sepekan terakhir masing-masing pasar menyelesaikan sesi perdagangan mingguan dengan keuntungan tipis yang masing-masing sebesar $7.40 atau 0.56% untuk emas spot dan $4.7 atau 0.36% untuk emas berjangka kontrak April.
Berita Terbaru,
Dalam data akhir pekan, pasar emas nampak sedikit pulih pada sesi kedua pasar AS setelah data penjualan rumah yang ada di AS secara tak terduga turun lebih besar dari yang diperkirakan. 
Exisiting Home Sales (penjualan rumah yang ada) tercatat turun sebesar 5.1% menjadi 4.62juta, lebih parah dari yang diperkirakan dan data sebelumnya yang masing-masing berada pada 4.73 juta (F) dan 4.87juta (P).
Memasuki sesi perdagangan pekan ini, pasar akan terfokus pada banyak data ekonomi AS yang diperkirakan akan memberikan dampak besar pada harga emas.
Diawali dengan Selasa (25/2), pasar akan terfokus dengan index harga perumahan AS dengan dampak yang masih relative tidak begitu besar. Diikuti dengan Neraca Perdagangan AS pada Rabu (26/2). 
Pada Kamis (27/2) data durable goods AS dan Klaim penangguran AS akan mendominasi pasar sebelum Testimony hari kedua Janet Yellen pada hari yang sama pada pukul 22.00 GMT+7.
Dan diakhir pekan Jum’at (28/2) pasar akan terfokus pada data GDP AS dan data Penjualan rumah yang tertunda.
Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan dengan volume yang kecil karena sepinya pasar dari isu awal pekan. Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,332.50 - $1,306.80. Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.
Altenratif Posisi :
 
Outlook : Netral
Short Term Trade : 
- Buy If Break $1,338.80
  Target  : $1,341.50 ; $1,344.00
- Sell If Break $1,315.00
  Target : $1,312.00 ; $1,309.00

Source : 
antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...