Senin, 10 Februari 2014

Analisa Emas 11 February 2014 : Harga Emas Naik Ketika Jepang Liburan Foundation National Day

Harga Emas Naik Ketika Jepang Liburan Foundation National Day

Harga emas naik di pasar Asia ketika Jepang masuk pada liburan Foundation National Day, sehingga likuiditas berkurang di zona Asia pada hari ini terlihat pergerakan emas kembali menjadi pilihan di sesi Asia.

Harga Emas naik ke level tertinggi dua minggu di konfirmasi oleh permintaan emas Cina yang melonjak dan refleksi dari data pekerjaan AS pada hari Jumat kemarin. Harga emas didukung oleh harga emas di Shanghai ketika pasar dibuka kembali setelah liburan perayaan Imlek.

Permintaan ritel di Cina telah menjadi support besar untuk emas ketika harga merosot di tahun lalu. Permintaan emas pada tahun 2013 melonjak 41 % dan mencapai rekor 1176 ton, menurut Asosiasi Emas Cina. Produksi emas Cina pada tahun 2013 juga membuat rekor sebanyak 428 ton, dan membuat Cina menjadi produsen emas terbesar di dunia untuk tahun ketujuh berjalan.


Harga Emas telah naik 6 persen pada tahun ini di tengah gejolak mata uang di pasar negara berkembang, sementara sekitar $ 1.63 triliun telah berpindah dari pasar ekuitas global. Harga logam emas sempat naik 70 persen dari Desember 2008 sampai Juni 2011 ketika Fed memompa lebih dari $ 2 triliun ke dalam sistem keuangan.

Janet Yellen, gubernur baru dari the Fed AS, akan memberikan kesaksian resmi pertamanya pada hari ini. Semua pernyataan yang keluar akan diawasi sangat ketat untuk menjadi sinyal bagi laju pergerakan emas. Ekspektasi bahwa Federal Reserve akan tetap melakukan stimulus moneter membuat pasar keuangan berharap untuk meyakinkan bahwa pembelian obligasi Fed akan terus untuk waktu yang lama.

Lelang US Treasury pada Senin menunjukkan kegelisahan plafon utang, ketika rencana pinjaman pemerintahan Obama pada minggu ini menunjukkan bahwa mereka berusaha untuk melunakkan pukulan di keuangan publik ketika kemacetan di kongres pada plafon utang pemerintah.

Pada pergerakan hari Senin kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1265.53 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung menguat dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1277.68 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1274.22 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 8.63.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an kembali masuk dalam kondisi bullish. Harga emas terlihat berada di atas indikator simple moving average 50 dan 200 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 78 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi jenuh beli. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak  bullish minor.


Pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali melakukan fase rebound dan saat ini harga emas sedang menguji resistan USD 1278.97 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke atas menuju resistan USD 1295.45 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1264.67 berpotensi akan disentuh oleh pergerakan harga.

Analisa Emas - 11 Februari 2014

Harga emas berangsur naik selama sesi perdagangan awal pekan (10/2) dengan keuntungan harianyang cukup tajam. Pasar Shanghai yang kembali dibuka setelah libur sepekan dalam libur Tahun Baru China telah mendorong harga emas bergerak naik tajam.

Emas berjangka kontrak April menyelesaikan sesi perdagangan Senin (10/2) dengan keuntungan sebesar $7.7 atau 0.61% berakhir pada $1,274.70 di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Dipasar spot harga emas menyelesaikan sesi perdagangan akhir pekan dengan keuntungan $11.80 atau 0.9% berakhir pada level yang sama pada $1,274.70. Sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,277.95 dan serendah $1,265.25.

Berita Terbaru,

Bursa Shanghai kembali dibuka setelah sepekan ditutup pasaca perayaan tahun baru. China sebagai konsumen komoditas mentah mengalahkan India tahun lalu telah meningkatkan gairah para investor setalah sepekan lalu diperdagangkan dengan keuntungan datar.

Selama 2013 lalu, permintaan emas China telah mencapai titik tertinggi sekitar 1,000 ton untuk pertama kalinya. Mengalahkan permitaan dari India setelah mengalami resesi selama tahun yang sama.

Memasuki sesi perdagangan sesi kedua dalam pekan ini, pasar akan terfokus pada jadwal press conference kepala Federal Reserve AS Janet Yellen pada Selasa (11/2) dan Kamis (13/2) masing-masing pada pukul 22.00 GMT+7

Perhatikan setiap moment yang menyebutkan seputar kelangsungan Quantitaive Easing dan tingat Suku Bunga AS.

Sejak awal tahun , Fed AS telah melakukan aksi tapering sampai dengan $20 milliar (akumulasi) yang dilakukan dalam dua tahap. Pada kisaran saat QE AS bertahan pada angka $65milliar per bulan.

Perlu diperhatikan bahwa, sejak awal tahun pasar AS telah mengalami perubahan siklus yang juga ditandai dengan membaiknya pasar tenaga kerja. Angka Non-Farm Payrolls dan tingkat pengangguran AS terlihat semakin membaik.

Selama 2013, Fed AS sempat menyebutkan bahwa tingkat pengguran dibawah 6.5% adalah level dimana Federal AS mungkin angka melakukan perubahan pada suku bunga Bank Sentral.

Sementara memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan dengan volume yang besar. Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,294.30 - $1,272.00 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi :

Outlook : Netral

Short Term Trade :
- Buy If Break $1,285.20
  Target : $1,288.00 ; $1,291.00

- Sell If Break $1,266.50
  Target : $1,263.50 ; $1,261.00

Source : 
https://www.antamgold.com
https://www.kedaitrader.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...