Posisi Najd dan Kufah Iraq terhadap Madinah |
Syekh Muhammad Bin Abdul Wahhab sangat
kontroversial. Ada yang menyukai. Ada juga yang membencinya.
Pengikutnya, kelompok Muwahhidun atau sekarang menamakan dirinya Salafi
(oleh lawannya disebut Wahabi), Muhammad bin Abdul Wahhab disebut
sebagai Pejuang Tauhid yang memurnikan Islam. Namun oleh lawannya,
Muhammad bin Abdul Wahhab disebut sebagai sosok yang ekstrim.
Syekh Muhammad Bin Abdul Wahhab
dilahirkan pada tahun 1115 H (1701 M) di kampung ‘Uyainah (Najd), lebih
kurang 70 km arah barat laut kota Riyadh, ibukota Arab Saudi sekarang.
Beliau meninggal dunia pada 29 Syawal
1206 H (1793 M) dalam usia 92 tahun, setelah mengabdikan diri selama
lebih 46 tahun dalam memangku jabatan sebagai menteri penerangan
Kerajaan Arab Saudi .
Nama
lengkapnya: Syeikh al-Islam al-Imam Muhammad bin ‘Abdul Wahab bin
Sulaiman bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Rasyid bin Barid bin
Muhammad bin al-Masyarif at-Tamimi al-Hambali an-Najdi. Syekh Abdul
Wahab tergolong Banu Siman, dari Tamim. Pendidikannya dimulai di Madinah
yakni berguru pada ustadz Sulaiman al-Kurdi dan Muhammad Hayat al-Sind.
Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab adalah pendiri kelompok Wahabi yang
mazhab fikihnya dijadikan mazhab resmi kerajaan Saudi Arabia, hingga
saat ini.
Di situs Arrahmah disebut:
Gerakan al-Muwahhidun atau yang kini sering disebut sebagai gerakan “wahabi” ini menjadi ancaman bagi kekuasaan Inggris di daerah perbatasan dan Punjab sampai 1871. Ketika itu pemerintah Inggris bersekongkol untuk mengeluarkan ‘fatwa’ guna memfitnah kaum Wahhabi sebagai orang-orang kafir.
Sebetulnya jika kita teliti sejarah,
justru Muhammad Bin Abdul Wahhab bersama dengan Ibnu Saud dibantu dengan
dana dan senjata oleh Pemerintah Inggris guna melawan Kekhalifahan
Islam Turki Usmani.
Tidak ada catatan sejarah yang menuliskan
Muhammad bin Abdul Wahhab dengan Ibnu Saud atau Arab Saudi berperang
melawan Inggris. Semua melawan ummat Islam seperti pasukan Pemerintah
Khalifah Turki Usmani.
Dari situs Isnet yang pro Wahabi disebut
bagaimana Muhammad bin Abdul Wahhab berdakwah dengan pedang atau perang
sebagaimana Nabi Muhammad SAW. Namun jika Nabi Muhammad SAW itu
memerangi orang-orang kafir bersama orang-orang yang beriman, Muhammad
bin Abdul Wahab justru memerangi ummat Islam yang dia tuduh sebagai
Musyrik atau Kafir dengan bantuan persenjataan Inggris seperti senapan
dan peluru:
Demikianlah perjuangan Tuan Syeikh yang berawal dengan lisan, lalu dengan pena dan seterusnya dengan senjata, telah didukung sepenuhnya oleh Amir Muhammad bin Saud, penguasa Dar’iyah.
Beliau memulakan jihadnya dengan pedang pada tahun 1158 H. Sebagaimana kita ketahui bahwa seorang da’i ilallah, apabila tidak didukung oleh kekuatan yang mantap, pasti dakwahnya akan surut, meskipun pada tahap pertama mengalami kemajuan. Namun pada akhirnya orang akan jemu dan secara beransur-ansur dakwah itu akan ditinggalkan oleh para pendukungnya.
Oleh kerana itu, maka kekuatan yang paling ampuh untuk mempertahankan dakwah dan pendukungnya, tidak lain harus didukung oleh senjata. Kerana masyarakat yang dijadikan sebagai objek daripada dakwah kadangkala tidak mampan dengan lisan maupun tulisan, akan tetapi mereka harus diiring dengan senjata, maka waktu itulah perlunya memainkan peranan senjata. Alangkah benarnya firman Allah SWT [Al Hadiid}:
Namun semua itu tidak mungkin berjalan dengan lancar dan stabil tanpa ditunjang oleh kekuatan besi (senjata) yang menurut keterangan al-Qur'an al-Hadid fihi basun syadid iaitu, besi waja yang mempunyai kekuatan dahsyat. Iaitu berupa senjata tajam, senjata api, peluru, senapang, meriam, kapal perang, nuklear dan lain-lain lagi, yang pembuatannya mesti menggunakan unsur besi.
Sungguh besi itu amat besar manfaatnya bagi kepentingan umat manusia yang mana al-Qur'an menta'birkan dengan Wama nafiu linasi iaitu dan banyak manfaatnya bagi umat manusia. Apatah lagi jika dipergunakan bagi kepentingan dakwah dan menegakkan keadilan dan kebenaran seperti yang telah dimanfaatkan oleh Tuan Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab semasa gerakan tauhidnya tiga abad yang lalu.
Orang yang mempunyai akal yang sihat dan fikiran yang bersih akan mudah menerima ajaran-ajaran agama, sama ada yang dibawa oleh Nabi, maupun oleh para ulama. Akan tetapi bagi orang zalim dan suka melakukan kejahatan, yang diperhambakan oleh hawa nafsunya, mereka tidak akan tunduk dan tidak akan mau menerimanya, melainkan jika mereka diiring dengan senjata.
Demikianlah Tuan Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab dalam dakwah dan jihadnya telah memanfaatkan lisan, pena serta pedangnya seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sendiri, di waktu baginda mengajak kaum Quraisy kepada agama Islam pada waktu dahulu.
Arab Saudi bukanlah negara
pembuat/industri senjata. Oleh karena itu senjata canggih mereka
dapatkan dari sekutunya, Inggris, guna melawan Turki.
Sama sekali tidak ada peperangan melawan
Inggris. Yang ada adalah peperangan dengan ummat Islam dari Thaif,
Mekkah, dan Madinah. Berikutnya dengan Turki dan Mesir:
Berangkatlah Imam Saud bin 'Abdul 'Aziz menuju tanah Haram Mekah dan Madinah (Haramain) yang dikenal juga dengan nama tanah Hijaz.Mula-mula beliau bersama pasukannya berjaya menawan Ta'if. Penaklukan Ta'if tidak begitu banyak mengalami kesukaran kerana sebelumnya Imam Saud bin 'Abdul 'Aziz telah mengirimkan Amir Uthman bin 'Abdurrahman al-Mudhayifi dengan membawa pasukannya dalam jumlah yang besar untuk mengepung Ta'if. Pasukan ini terdiri dari orang-orang Najd dan daerah sekitarnya. Oleh kerana itu Ibnu 'Abdul 'Aziz tidak mengalami banyak kerugian dalam penaklukan negeri Ta'if, sehingga dalam waktu singkat negeri Ta'if menyerah dan jatuh ke tangan Wahabi.Di Ta'if, pasukan muwahidin membongkar beberapa maqam yang di atasnya didirikan masjid, di antara maqam yang dibongkar adalah maqam Ibnu Abbas r.a. Masyarakat tempatan menjadikan maqam ini sebagai tempat ibadah, dan meminta syafaat serta berkat daripadanya.Dari Ta'if pasukan Imam Saud bergerak menuju Hijaz dan mengepung kota Mekah. Manakala gabenor Mekah mengetahui hal ehwal pengepungan tersebut (waktu itu Mekah di bawah pimpinan Syarif Husin), maka hanya ada dua pilihan baginya, menyerah kepada pasukan Wahabi atau melarikan diri ke negeri lain. Ia memilih pilihan kedua, iaitu melarikan diri ke Jeddah. Kemudian, pasukan Saud segera masuk ke kota Mekah untuk kemudian menguasainya tanpa perlawanan sedikit pun.Tepat pada waktu fajar, Muharram 1218 H, kota suci Mekah sudah berada di bawah kekuasaan muwahidin sepenuhnya.
Lihat bagaimana para "Muwahhidun" atau
Salafi memerangi ummat Islam sehingga jatuh banyak korban di kalangan
ummat Islam. Pemerintah Kekhalifahan Islam Turki pun lemah sehingga bisa
dikalahkan Inggris:
Setelah lapan tahun wilayah ini berada di bawah kekuasaan Imam Saud, pemerintah Mesir bersama sekutunya Turki, mengirimkan pasukannya untuk membebaskan tanah Hijaz, terutama Mekah dan Madinah dari tangan muwahidin sekaligus hendak mengusir mereka keluar dari daerah tersebut.Adapun sebab campurtangan pemerintah Mesir dan Turki itu adalah seperti yang telah dikemukakan pada bahagian yang lalu, iaitu kerana pergerakan muwahidin mendapat banyak tentangan dari pihak musuh-musuhnya, sama ada ianya dari pihak dalam Islam sendiri ataupun dari luarnya, yang mana tujuan mereka sama iaitu untuk memulau dan memadamkan api gerakan dakwah salafiyyah. Oleh kerana musuh-musuh gerakan salafiyyah tidak mempunyai kekuatan yang memadai untuk menentang pergerakan Wahabiyah, maka mereka menghasut pemerintah Mesir dan Turki dengan menggunakan nama agama, seperti yang telah diterangkan pada bahagian yang lalu. Maka menyerbulah pasukan Mesir dan Turki ke negeri Hijaz untuk membebaskan kedua-dua kota suci Mekah dan Madinah dari cengkaman kaum muwahiddin, sehingga terjadilah peperangan di antara Mesir bersama sekutunya Turki di satu pihak menentang pasukan muwahidin dari Najd dan Hijaz di pihak lain. Peperangan ini telah berlangsung selama tujuh tahun, iaitu dari tahun 1226 hingga 1234 H.Dalam masa perang tujuh tahun itu tidak sedikit kerugian yang dialami oleh kedua belah pihak, terutama dari pihak pasukan Najd dan Hijaz, selain kerugian harta benda, tidak sedikit pula kerugian nyawa dan tubuh manusia
Dari tulisan di website Isnet yang pro
Wahabi kita paham bahwa dengan dalih membersihkan Islam dari kemusyrikan
dan kekafiran, Wahabi menyerang ummat Islam di Thaif, Mekkah, Madinah,
dsb. Banyak ummat Islam yang jadi korban. Ada satu pertanyaan, jika
ummat Islam di Mekkah dan Madinah disebut Musyrik dan Kafir, di mana
ummat Islam yang lurus?
Bagaimana ummat Islam diperangi dan
dibunuh sementara kaum kafir Inggris justru aman dari tangan mereka?
Sejalankan tindakan kaum Salafi dengan firman Allah di bawah?
“Muhammad itu adalah utusan Allah
dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap
orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka..” [Al Fath 29]
“..kaum yang Allah mencintai
mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap
orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir..” [Al Maa-idah 54]
Dari situs Arrahmah.com disebut:
Perjuangan tauhid beliau terkristalisasi dalam ungkapan la ilaha illa Allah. Menurut beliau, aqidah atau tauhid umat telah dicemari oleh berbagai hal seperti takhayul, bid’ah dan khurafat (TBC) yang bisa menjatuhkan pelakunya kepada syirik. Aktivitas-aktivitas seperti mengunjungi para wali, mempersembahkan hadiah dan meyakini bahwa mereka mampu mendatangkan keuntungan atau kesusahan, mengunjungi kuburan mereka, mengusap-usap kuburan tersebut dan memohon keberkahan kepada kuburan tersebut. Seakan-akan Allah SWT sama dengan penguasa dunia yang dapat didekati melalui para tokoh mereka, dan orang-orang dekat-Nya. Bahkan manusia telah melakukan syirik apabila mereka percaya bahwa pohon kurma, pepohonan yang lain, sandal atau juru kunci makam dapat diambil berkahnya, dengan tujuan agar mereka dapat memperoleh keuntungan.
Menurut Muhammad bin Abdul Wahhab, ummat Islam sekarang lebih musyrik daripada kaum kafir Mekkah yang menyembah berhala serta ingkar kepada Allah, Al Qur’an, dan Nabi Muhammad.
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
dalam kitab Qawaidul Arba’ berkata, “Kaum musyrikin pada zaman kita ini
lebih besar kesyirikannya dari pada (kaum musyrikin) terdahulu, karena
(kaum musyrikin) dahulu berbuat syirik (ketika) keadaan senang dan
mereka ikhlas dalam keadaan susah. Sementara kaum musyrikin zaman kita,
kesyirikan mereka terus-menerus dalam keadaan senang maupun susah, dan
dalilnya adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Maka apabila mereka naik kapal
mereka mendo’a kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya; maka
tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai kedarat, tiba-tiba mereka
(kembali) mempersekutukan (Allah).†(Al Ankabut: 65)
===
===
Surah Al-’Ankabut adalah surah ke-29
dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 69 ayat serta termasuk
golongan surah-surrah Makkiyah. Dinamai Al-’Ankabut berhubung
terdapatnya kata Al-’Ankabut yang berarti Laba-Laba pada ayat 41 surah
ini, dimana Allah mengumpamakan para penyembah berhala-berhala itu
dengan laba-laba yang percaya kepada kekuatan rumahnya sebagai tempat ia
berlindung dan tempat ia menjerat mangsanya, padahal kalau dihembus
angin atau ditimpa oleh suatu barang yang kecil saja, rumah itu akan
hancur. Begitu pula halnya dengan kaum musyrikin yang percaya kepada
kekuatan sembahan-sembahan mereka sebagai tempat berlindung dan tempat
meminta sesuatu yang mereka ingini, padahal sembahan-sembahan mereka
itu tidak mampu sedikit juga menolong mereka dari azab Allah waktu di
dunia, seperti yang terjadi pada kaum Nuh, kaum Ibrahim, kaum Luth, kaum
Syu’aib, kaum Saleh, dan lain-lain. Apalagi menghadapi azab Allah di
akhirat nanti, sembahan-sembahan mereka itu lebih tidak mampu
menghindarkan dan melindungi mereka.
Jadi jika dengan memakai ayat-ayat Al
Qur’an yang diperuntukkan kepada orang2 kafir Mekkah kepada ummat Islam
bahkan menyatakan ummat Islam lebih syirik daripada orang2 musyrik
tersebut apalagi sampai membantai sesama Muslim, itu tidak selaras
dengan ajaran Islam.
Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya
diantara ummatku ada orang-orang yang membaca Alquran tapi tidak
melampaui tenggorokan mereka. Mereka membunuh orang Islam dan membiarkan penyembah berhala.
Mereka keluar dari Islam secepat anak panah melesat dari busurnya.
Sungguh, jika aku mendapati mereka, pasti aku akan bunuh mereka seperti
terbunuhnya kaum Aad. (Shahih Muslim No.1762)
Janganlah kita sembarang menuduh sesama Muslim Syirik atau nama lain yang tidak menyenangkan (Al Hujuraat 11-12)
Saat ini ada 7 milyar manusia di mana
ummat Islam cuma 1,3 milyar. Harusnya ayat2 kemusyrikan tsb ditujukan
pada orang2 kafir yang masih menyembah selain Allah dan berhala seperti
Hindu, Budha, Kristen, dsb. Bukan orang2 Islam.
Ingin meluruskan Tauhid dan membersihkan Syirik bagus. Tapi lakukan dengan cara yang benar.
Muhammad bin Abdul Wahhab terlalu su’u
zhon atau berprasangka buruk terhadap ummat Islam. Orang yang melakukan
ziarah kubur, ditudingnya sebagai penyembah kuburan atau musyrik.
Padahal ziarah kubur itu adalah sunnah Nabi:
Dari Buraidah r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Saya telah pernah -dahulu- melarang engkau semua perihal ziarah kubur, tetapi sekarang berziarahlah ke kubur itu!” (Riwayat Muslim) Dalam riwayat lain disebutkan: “Maka barangsiapa yang hendak berziarah kubur, maka baiklah berziarah, sebab ziarah kubur itu dapat mengingatkan kepada akhirat.”
Dari Aisyah ra, katanya: “Rasulullah s.a.w. itu setiap malam gilirannya di tempat Aisyah, beliau s.a.w. lalu keluar pada akhir malam ke makam Baqi’, kemudian mengucapkan -yang artinya-: “Keselamatan atasmu semua hai perkampungan kaum mu’minin, akan datang padamu semua apa-apa yang engkau semua dijanjikan besok yakni masih ditangguhkan waktunya. Sesungguhnya kita semua ini Insya Allah menyusul engkau semua pula. Ya Allah, ampunilah para penghuni makam Baqi’ Algharqad ini.” (Riwayat Muslim)
Berbagai tuduhan seperti Dzikir
berjama’ah, Doa Qunut, Pengajaran Sifat 20, bid’ah dan sesat ternyata
tidak benar karena ada dalil-dalil yang kuat dari Al Qur’an dan Hadits:
Tudingan bid’ah dan sesat itu terjadi karena memahami Al Qur’an dan Hadits setengah-setengah dengan cara yang keliru. Tidak menyeluruh dan benar.
Karena pandangannya yang ekstrim itulah
Muhammad bin Abdul Wahab ditentang bahkan oleh saudara-saudaranya
sendiri yang juga ulama. Dari situs Arrahman ditulis:
Pada awalnya, idenya tidak begitu mendapat tanggapan bahkan banyak mendapatkan tantangan, kebanyakan dari saudaranya sendiri, termasuk kakaknya Sulaiman dan sepupunya Abdullah bin Husain.
Dari referensi lain seperti Buku yang
ditulis oleh Syekh Idahram, bukan cuma kakaknya yang menentang, tapi
juga ayahnya, Abdul Wahhab, menentang pemikiran Muhammad bin Abdul
Wahab. Oleh sebab itulah sebagian ulama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah
menuding Muhammad bin Abdul Wahab tidak bersanad karena gurunya sendiri
yang juga ayah kandungnya, menolak pemahamannya yang ekstrim dan aneh.
Tudingan Muhammad bin Abdul Wahhab
terhadap sesama Muslim seperti Musyrik, Kafir, Penyembah Kuburan, dsb
yang belum tentu benar dan kemudian membantainya/memeranginya jelas
tidak sesuai dengan perintah Allah dalam Al Qur’an dan juga sunnah Nabi:
Rasulullah SAW bersabda, “Seorang muslim
itu bersaudara terhadap muslim lainnya, ia tidak boleh menganiaya dan
menghinanya. Seseorang cukup dianggap berlaku jahat karena ia menghina
saudaranya sesama muslim.”(HR.Muslim)
Termasuk perbuatan mencaci muslim di
antaranya adalah menyakiti, mencela, mengadu domba serta senang
menyebarkan gosip yang tidak benar, mencemarkan nama baik sehingga bisa
merusak keluhuran martabat saudaranya, dan membuka rahasia pribadi yang
tidak patut diketahui orang lain.
Allah SWT berfirman, “Dan
orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki atau perempuan
tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah
memikul kebohongan dan dosa yang nyata.” (QS. AlAhzab:58)
Apa pun dalihnya, sesungguhnya haram
mencaci dan membunuh sesama Muslim. Kecuali betul-betul ada pengadilan
di bawah Khalifah Islam yang membuktikan bahwa orang itu memang harus
dihukum mati.
Namun kalau cuma kelompok seperti firqoh
atau golongan tak boleh melakukan itu. Minimal harus ada
Ijma’/Kesepakatan Ulama agar tidak jadi golongan Khawarij yang mudah
mengkafirkan dan membunuh sesama Muslim.
“Mencela sesama muslim adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekufuran” (Bukhari no.46,48, muslim no. .64,97, Tirmidzi no.1906,2558, Nasa’I no.4036, 4037, Ibnu Majah no.68, Ahmad no.3465,3708)
Ada yang membela Muhammad bin Abdul Wahhab sebagai orang asing yang dimusuhi oleh orang-orang yang sesat. Namun orang asing yang dimaksud Nabi adalah orang yang mengasingkan diri dari para Sultan demi menghindari fitnah.
Ini beda dengan Muhammad bin Abdul Wahhab
yang justru bergaul dengan Sultan dan mengobarkan peperangan terhadap
sesama Muslim dengan dalih memerangi kemusyrikan dan kekafiran:
Apabila kamu melihat seorang ulama bergaul erat dengan penguasa maka ketahuilah bahwa dia adalah pencuri. (HR. Ad-Dailami)
Tudingan Muhammad bin Abdul Wahhab
bekerjasama dengan Inggris dalam rangka bughot/berontak terhadap
Kekhalifahan Islam Turki Usmani mungkin dianggap fitnah oleh
pengikutnya. Mereka menganggap itu cuma fitnah dari Syi’ah Rafidhoh,
Ahlul Bid’ah, Sufi, dan sebagainya. Namun dari berbagai tulisan,
termasuk dari kelompok Pro Wahabi sendiri, dan juga foto-foto
menunjukkan hal itu. Kerjasama dengan Inggris yang dilanjutkan oleh
Pemerintah Arab Saudi dan Wahabi seperti dengan Lawrence of Arabia
memerangi Kekhalifahan Islam Turki Usmani. Kemudian berlanjut dengan
kerjasama dengan Amerika Serikat seperti menyediakan pangkalan militer
bagi AS guna memerangi Iraq.
Ini tulisan dari Eramuslim.com:
Bukan hanya Pangeran Bandar yang begitu, beberapa kebijakan dan sikap kerajaan terkadang juga agak membingungkan. Siapa pun tak kan bisa menyangkal bahwa Kerajaan Saudi amat dekat—jika tidak bisa dikatakan sekutu terdekat—Amerika Serikat. Di mulut, para syaikh-syaikh itu biasa mencaci maki Zionis-Israel dan Amerika, tetapi mata dunia melihat banyak di antara mereka yang berkawan akrab dan bersekutu dengannya.Barangkali kenyataan inilah yang bisa menjawab mengapa Kerajaan Saudi menyerahkan penjagaan keamanan bagi negerinya—termasuk Makkah dan Madinah—kepada tentara Zionis Amerika.Ketika umat Islam dunia melihat pasukan Amerika Serikat yang hendak mendirikan pangkalan militer utama AS dalam menghadapi invasi Irak atas Kuwait beberapa tahun lalu, maka hal itu tidak lepas dari kebijakan orang-orang yang berada dalam kerajaan tersebut.Langkah-langkah mengejutkan yang diambil pihak Kerajaan Saudi tersebut sesungguhnya tidak mengejutkan bagi yang tahu latar belakang berdirinya Kerajaan Saudi Arabia itu sendiri. Tidak perlu susah-sudah mencari tahu tentang hal ini dan tidak perlu membaca buku-buku yang tebal atau bertanya kepada profesor yang sangat pakar.Pergilah ke tempat penyewaan VCD atau DVD, cari sebuah film yang dirilis tahun 1962 berjudul ‘Lawrence of Arabia’ dan tontonlah. Di dalam film yang banyak mendapatkan penghargaan internasional tersebut, dikisahkan tentang peranan seorang letnan dari pasukan Inggris bernama lengkap Thomas Edward Lawrence, anak buah dari Jenderal Allenby (jenderal ini ketika merebut Yerusalem menginjakkan kakinya di atas makam Salahuddin Al-Ayyubi dan dengan lantang berkata, “Hai Saladin, hari ini telah kubalaskan dendam kaumku dan telah berakhir Perang Salib dengan kemenangan kami!”).Film ini memang agak kontroversial, ada yang membenarkan namun ada juga yang menampiknya. Namun produser mengaku bahwa film ini diangkat dari kejadian nyata, yang bertutur dengan jujur tentang siapa yang berada di balik berdirinya Kerajaan Saudi Arabia.Konon kala itu Jazirah Arab merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Kekhalifahan Turki Utsmaniyah, sebuah kekhalifahan umat Islam dunia yang wilayahnya sampai ke Aceh. Lalu dengan bantuan Lawrence dan jaringannya, suatu suku atau klan melakukan pemberontakan (bughot) terhadap Kekhalifahan Turki Utsmaniyah dan mendirikan kerajaan yang terpisah, lepas, dari wilayah kekhalifahan Islam itu.Bahkan di film itu digambarkan bahwa klanSaud dengan bantuan Lawrence mendirikan kerajaan sendiri yang terpisah dari khilfah Turki Utsmani. Sejarahwan Inggris, Martin Gilbert, di dalam tulisannya “Lawrence of Arabia was a Zionist” seperti yang dimuat di Jerusalem Post edisi 22 Februari 2007, menyebut Lawrence sebagai agen Zionisme.Sejarah pun menyatakan, hancurnya Kekhalifahan Turki Utsmani ini pada tahun 1924 merupakan akibat dari infiltrasi Zonisme setelah Sultan Mahmud II menolak keinginan Theodore Hertzl untuk menyerahkan wilayah Palestina untuk bangsa Zionis-Yahudi. Operasi penghancuran Kekhalifahan Turki Utsmani dilakukan Zionis bersamaan waktunya dengan mendukung pembrontakan Klan Saud terhadap Kekalifahan Utsmaniyah, lewat Lawrence of Arabia.Entah apa yang terjadi, namunhingga detik ini, Kerajaan Saudi Arabia, walau Makkah al-Mukaramah dan Madinah ada di dalam wilayahnya, tetap menjadi sekutu terdekat Amerika Serikat. Mereka tetap menjadi sahabat yang manis bagi Amerika.Selain film ‘Lawrence of Arabia’, ada beberapa buku yang bisa menggambarkan hal ini yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Antara lain:
- Wa’du Kissinger (Belitan Amerika di Tanah Suci, Membongkar Strategi AS Menguasai Timur Tengah, karya DR. Safar Al-Hawali—mantan Dekan Fakultas Akidah Universitas Ummul Quro Makkah, yang dipecat dan ditahan setelah menulis buku ini, yang edisi Indonesianya diterbitkan Jazera, 2005)
- Dinasti Bush Dinasti Saud, Hubungan Rahasia Antara Dua Dinasti Terkuat Dunia (Craig Unger, 2004, edisi Indonesianya diterbitkan oleh Diwan, 2006)
- Timur Tengah di Tengah Kancah Dunia (George Lenczowski, 1992)
- History oh the Arabs (Philip K. Hitti, 2006)
Sebab itu, banyak kalangan yang berasumsi bawah berdirinya Kerajaan Saudi Arabia adalah akibat “pemberontakan” terhadap Kekhalifahan Islam Turki Utsmani dan diback-up oleh Lawrence, seorang agen Zionis dan bawahan Jenderal Allenby yang sangat Islamofobia. Mungkin realitas ini juga yang sering dijadikan alasan, mengapa Arab Saudi sampai sekarang kurang perannya sebagai pelindung utama bagi kekuatan Dunia Islam,wallahu a’lam. (Rz)
Terakhir ada berita dari catatan harian
Mr. Hempher, agen Inggris yang mengatakan agar Penjajahan Inggris bisa
bertahan, mereka harus menciptakan aliran Islam sesat guna memecah-belah
kekuatan Islam di daerah jajahannya. Di Inggris dan Pakistan mereka
ciptakan Ahmadiyyah yang menghilangkan Jihad. Di Iran mereka buat aliran
Baha’i. Ada pun di Arab Saudi yang Islamnya sangat kuat, mereka
ciptakan Wahabi yang meski kelihatannya ingin memurnikan Islam, namun
dengan isyu memurnikan Islam itulah tercipta perpecahan dan peperangan
antar ummat Islam sehingga Pemerintah Kekhalifahan Islam Turki pun
melemah akibat diserang Wahabi.
Di Indonesia sendiri, AS yang merupakan
penerus Inggris membentuk dan mendanai aliran sesat Islam Liberal yang
menyatakan semua agama sama benarnya dan menghapuskan jihad serta Hukum
Allah. Paling mudah bagi AS dan Inggris untuk menghancurkan Islam adalah
dengan menghancurkannya dari dalam dengan membentuk aliran sesat
sehingga ummat Islam saling perang/bunuh.
Meski kebenarannya harus diteliti lebih jauh, namun beberapa situs Islam memuatnya seperti:
Walaupun Ibn Abdul-Wahhab dianggap sebagai Bapak Wahabisme, namun aktualnya Kerajaan Inggeris-lah yang membidani kelahirannya dengan gagasan-gagasan Wahabisme dan merekayasa Ibn Abdul-Wahhab sebagai Imam dan Pendiri Wahabisme, untuk tujuan menghancurkan Islam dari dalam dan meruntuhkan Daulah Utsmaniyyah yang berpusat di Turki. Seluk-beluk dan rincian tentang konspirasi Inggeris dengan Ibn Abdul-Wahhab ini dapat Anda temukan di dalam memoar Mr. Hempher : “Confessions of a British Spy”Memoirs Of Mr. Hempher, The British Spy To The Middle East is the title of a document that was published in series (episodes) in the German paper Spiegel and later on in a prominent French paper. A Lebanese doctor translated the document to the Arabic language and from there on it was translated to English and other languages. Waqf Ikhlas publications put out and circulated the document in English in hard copy and electronically under the title: Confessions of a British spy and British enmity against Islam. This document reveals the true background of the Wahhabi movement which was innovated by Mohammad bin abdul Wahhab and explains the numerous falsehood they spread in the name of Islam and exposes their role of enmity towards the religion of Islam and towards prophet Mohammad sallallahu ^alayhi wa sallam and towards Muslims at large. No wonder the Wahhabis today stand as the backbone of terrorism allowing and financing and planning shedding the blood of Muslims and other innocent people. Their well known history of terrorism as documented in Fitnatul Wahhabiyyah by the mufti of Makkah, Sheikh Ahmad Zayni Dahlan, and their current assassinations and contravention is due to their ill belief that all are blasphemers save themselves. May Allah protect our nation from their evils.
Mungkin itu sulit dipercaya. Namun Wahabi
memang bekerjasama dengan Raja Arab Saudi. Wahabi adalah Mazhab Resmi
Kerajaan Arab Saudi. Posisi Mufti Agama selalu dipegang ulama Wahabi.
Sementara Raja Arab Saudi memang biasa bekerjasama dengan Inggris saat
melawan Turki dan sekarang dengan AS saat melawan Iraq. Berita tentang
itu begitu banyak/mutawatir dari berbagai sumber/sanad. Sulit
dipungkiri:
Dokumen Ekspos Pendiri Saudi Yakinkan Inggris untuk Dirikan Negara Yahudi
Eramuslim.com. Sebuah dokumen kuno mengungkapkan bagaimana Sultan Abdul Aziz, pendiri Arab Saudi meyakinkan Inggris untuk menciptakan sebuah negara Yahudi di tanah Palestina, sebuah laporan berita mengatakan.http://www.eramuslim.com/berita/dunia/dokumen-kuno-ekspos-pendiri-saudi-yakinkan-inggris-untuk-dirikan-negara-yahudi-di-palestina.htm
http://www.al-khilafah.org/2011/11/dokumen-ekspos-pendiri-saudi-yakinkan.html
Foto-foto Persekutuan Arab Saudi dengan Inggris dan AS:
Oleh pengikut Salafi, itu dianggap fitnah keji. DIjelaskan apa itu Wahabi di sini:
http://muslim.or.id/manhaj/apa-itu-wahabi-1.html
http://muslim.or.id/manhaj/apa-itu-wahabi-2.html
Pengikut
Abdul Wahhab mungkin menganggap itu fitnah yang keji. Sementara yang
anti terhadap Muhammad bin Abdul Wahhab justru menuduh Muhammad bin
Abdul Wahhab lah yang gemar memfitnah sesama Muslim dengan sebutan Ahlul
Bid’ah, Musyrik, Kafir, dan sebagainya kemudian memeranginya.
Agar
tidak bingung terhadap 2 pendapat yang berbeda tersebut, hendaknya kita
kembali kepada Al Qur’an dan Hadits. Kita imani apa adanya. Jangan
ditakwilkan sehingga berubah maknanya.
Sebagaimana kita ketahui, Muhammad bin
Abdul Wahhab lahir dan besar di Najd, sehingga beliau disebut juga
Muhammad bin Abdul Wahhab An Najdi. Nah ternyata Nabi telah mengisahkan
kepada kita tentang Najd yang merupakan tempat timbulnya fitnah:
Ibnu Umar berkata, “Nabi berdoa,
‘Ya Allah, berkahilah kami pada negeri Syam dan Yaman kami.’ Mereka
berkata, Terhadap Najd kami.’ Beliau berdoa, ‘Ya Allah, berkahilah Syam
dan Yaman kami.’ Mereka berkata, ‘Dan Najd kami.’ Beliau berdoa, ‘Ya
Allah, berkahilah kami pada negeri Syam. Ya Allah, berkahilah kami pada
negeri Yaman.’ Maka, saya mengira beliau bersabda pada kali yang ketiga,
‘Di sana terdapat kegoncangan-kegoncangan (gempa bumi), fitnah-fitnah,
dan di sana pula munculnya tanduk setan.’” [HR Bukhari]
Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:
Bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda sambil menghadap ke
arah timur: Ketahuilah, sesungguhnya fitnah akan terjadi di sana!
Ketahuilah, sesungguhnya fitnah akan terjadi di sana. Yaitu tempat
muncul tanduk setan. (Shahih Muslim No.5167)
حدثنا عبد الله ثنا أبي ثنا أبو سعيد مولى بنى هاشم ثنا عقبة بن أبي الصهباء ثنا سالم عن عبد الله بن عمر قال صلى رسول الله صلى الله عليه و سلم الفجر ثم سلم فاستقبل مطلع الشمس فقال ألا ان الفتنة ههنا ألا ان الفتنة ههنا حيث يطلع قرن الشيطان
Telah menceritakan kepada kami
‘Abdullah yang menceritakan kepada kami ayahku yang berkata telah
menceritakan kepada kami Abu Sa’id mawla bani hasyim yang berkata telah
menceritakan kepada kami Uqbah bin Abi Shahba’ yang berkata telah
menceritakan kepada kami Salim dari ‘Abdullah bin Umar yang berkata
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat fajar
kemudian mengucapkan salam dan menghadap kearah matahari terbit seraya
bersabda “fitnah datang dari sini, fitnah datang dari sini dari arah
munculnya tanduk setan” [Musnad Ahmad 2/72 no 5410 dengan sanad shahih]
Boleh dikata saat ini Muhammad bin Abdul Wahhab dengan pengikutnya, Muwahhidun atau Salafi, sering menimbulkan fitnah. Insya Allah hadits Nabi di atas adalah benar karena Nabi sebelum jadi Nabi pun sudah dikenal sebagai Al Amiin yang dapat dipercaya.
Source :
http://kabarislam.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...