Kamis, 27 Maret 2014

Analisa Emas 28 March 2014 : Emas Kembali Turun Setelah Data Ekonomi AS Membaik


Emas Kembali Turun Setelah Data Ekonomi AS Membaik

Emas turun sekitar 1 persen pada hari Kamis, menembus area USD 1300 per troy ounce untuk pertama kalinya sejak pertengahan Februari, karena terdorong oleh pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal keempat sehingga mengurangi daya tarik emas sebagai lindung nilai.

Ekonomi AS bertumbuh sedikit lebih cepat dari perkiraan sebelumnya pada kuartal keempat dan data klaim pengangguran AS juga ikut turun ke level terendah empat bulan, menunjukkan ekonomi masih memiliki banyak momentum untuk keluar dari parahnya pelemahan ekonomi di musim dingin yang lalu.


Emas berada di bawah tekanan setelah laporan GDP AS yang kuat mendorong antisipasi kegiatan ekonomi di AS akan lebih baik pada kuartal kedua dan ketiga di tahun ini.

Harga emas telah berada di bawah tekanan setelah gubernur Federal Reserve, Janet Yellen mengatakan pada pekan lalu bahwa suku bunga berpotensi mulai naik awal tahun depan. Meruncingnya ekstensi pada pertemuan terakhir Federal Reserve tampaknya mulai menekan emas cukup tajam, dan memfokuskan kembali pikiran orang bahwa ekonomi AS sedang cukup baik.

Ketegangan Rusia-Ukraina belum meningkat secara signifikan, tetapi situasi yang terjadi masih tetap menjadi perhatian pasar dunia. Ketika AS memimpin upaya di seluruh dunia untuk mengisolasi Rusia setelah aneksasi atas Crimea, pada laporan Kamis mengatakan pertumbuhan ekonomi Rusia berpotensi akan melambat ke tingkat terlemah dalam beberapa tahun ke depan.

Dilaporkan, modal asing di Rusia telah eksodus besar-besaran sejak krisis muncul. Memburuknya ekonomi dunia dan isolasi Rusia sangat mungkin hanya akan membuat Presiden Rusia Vladimir Putin lebih menantang di panggung dunia. Ingat bahwa militer Rusia masih sangat kuat dan masih mempunyai senjata dengan rudal nuklir yang lengkap.

Pada pergerakan hari Kamis kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1304.50 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung terpeleset dan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1289.02 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1291.08 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD 13.42.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish. Harga emas terlihat masih berada di bawah indikator simple moving average 50 dan 200 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 28 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi jenuh jual. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bullish minor.


Pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga sedang menguji area support USD 1289.02 per troy ounce. Pecahnya area tersebut membuka potensi harga akan bergerak kebawah menuju support USD 1261.06 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1313.33 per troy ounce membuka peluang harga akan terus bergerak ke atas untuk melakukan fase rebound menuju resistan berikutnya pada kisaran USD 1328.36 per troy ounce.

Analisa Emas - 28 Maret 2014

Harga emas kembali diperdagangkan melemah selama sesi perdagangan Kamis (27/3), setelah smeapt diperdagangkan flat pada sesi perdagangan Asia. Tekanan sell meningkat tajam selama sesi perdagangan Eropa seiring dengan menguatnya indeks dolar AS kembali pada kisaran 80.

Pada sesi perdagangan Kamis (27/3) harga emas berjangka kontrak April ditutup dengan kerugian sebesar $8.7 atau 0.7% berakhir pada $1,294.700 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. 

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (27/3) dengan kerugian sebesar $14.10 atau 1.08% berakhir pada $1,291.30. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,306.80 dan serendah $1,289.20. 

FUNDAMENTAL ANALISIS
Tekanan jual meningkat tajam selama sesi perdagangan Eropa kemarin, dan bergerak dalam kisaran yang lebih kecil selama sesi perdagangan AS.

Indeks dolas ditutup naik sebanyak 11 pips berakhir pada level 80.14.

Dari pasar AS , data dirilsi dengan hasil campuran. GDP As yang dirilis pada pukul 19.30 GMT+7 dirilis dengan hasil yang cukup baik, ekonomi AS terlihat meningkat pada kcepatan 2.6% selama periode Februari. Meski dirilis lebih tinggi dari angka sebelumnya pada 2.4%. sayangnya data ini masih berada dibawah perkiraan pasar pada 2.7%.

Klaim pengangguran AS secara tak terduga dirilis dengan hasil yang sangat baik, dengan jumlah klaim baru selama sepekan terakhir turun sebanyak 10.000 klaim menjadi 311.000. data juga dirilis jauh lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya pada 326.000.

Sementara dari sector perumahan AS, data Pending Home Sales AS selama periode Feruari turun sebanyak 0.8% lebih buruk dari perkiraan dan data sebelumnya pada kenaikan 0.1% (F) dan penurunan sebesar 0.2% (P).

Mengakhiri sesi perdagangan kuartal pertama tahun ini, akan mendorong harga emas didominasi dengan aksi profit taking untuk mempercantik penutupan kuartalan. Sejak awal kuartal pertama hingga penutupan semalam harga emas telah mencatatkan keuntungan sebesar $99.95 atau sekitar 8.30%.

Pekan depan pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan dengan volatilitas pasar yang besar. Press Conferenfen kepala Fed Janet Yellen (Selasa 1 Apr), ADP Employment (Rabu 2 Apr), dan Non-Farm payrolls (Jum’at 4 Apr) adalah serangkaian acara yang akan ditunggu oleh pasar global.

Yellen diperkirakan akan kembali menegaskan rencana pengurangan stimulus yang lebih besar dan lebih cepat. Sementara ADP dan NFP diperkirakan akan dirilis pada kisaran 190.000 lapangan kerja baru, jika dirilis sesuai dengan perkiraan saat ini maka pasar emas dan pasar mata uang sebagai rival Dollar akan cenderung bergerak lebih rendah.

TEKNIKAL ANALISIS
Selama sesi perdagangan hari ini, Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,303.30 - $1,281.00 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi :
Outlook : Netral

Short Term Trade :

- Buy If Break $1,300.30 
  Target : $1,303.50 ; $1,306.50

- Sell If Break $1,281.00
  Target : $1,278.00 ; $1,275.00

Source : Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...