Senin, 17 Maret 2014

Analisa Emas 17 March 2014 : Warna Emas Terus Berkemilau

Warna Emas Terus Berkemilau

Emas terus bergerak positif menembus USD 1384 per troy ounce karena situasi di Ukraina yang tidak menunjukkan tanda-tanda berkurangnya eksklasi politik. Populasi suara provinsi di Crimea akhir pekan ini terlihat akan memisahkan diri dari Ukraina, dengan pemungutan suara yang telah ditetapkan. Hal ini kemungkinan akan diikuti oleh Amerika Serikat dan sekutunya yang akan menjatuhkan sanksi terhadap Rusia pada hari Senin, dan berpotensi akan memulai putaran pembalasan dengan implikasi serius bagi pasar keuangan dan dolar AS.

Gejolak pasar yang muncul telah membuat emas menjadi investasi safe haven. Perlambatan ekonomi di AS juga menambah dorongan, terutama ketika Yellen masih akan menjaga kebijakan yang sama dengan Bernank.


Leverage yang tinggi, dan spread yang cukup ketat akan terjadi beberapa hari ke depan di pasar ditambah dengan dolar AS yang di bawah tekanan, ketika suku bunga yang masih tetap rendah, itu juga akan berpotensi membuat bullish pada emas.

Secara keseluruhan, permintaan fisik dan kegelisahan ekonomi yang mendorong harga emas bergerak bullish akhir akhir ini. Rusia, Ukraina, Venezuela, dan ekonomi AS yang lesu, serta perlambatan di Cina, telah menjadi hot spot pergerakan emas.

Emas dan pengendalian kontrol telah dan terus hilang dari gubernur bank sentral negara Barat. Negara yang memegang aturan dan kendali emas akan menjadi pemenang. Transisi emas fisik dari Barat ke Timur sedikit mengganggu pemegang dominasi keuangan seluruh dunia. Dengan latar belakang ini sangat mudah untuk memahami mengapa permintaan emas terus tumbuh.

Pada pergerakan hari Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1369.74 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas sempat tertahan di area support pada kisaran USD 1367.80 per troy ounce. Harga emas kembali menguat tajam dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1387.85 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1381.10 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 11.36.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berpotensi akan terus bergerak bullish. Harga emas terlihat masih berada di atas indikator simple moving average 50 dan 20 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 64 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish minor.



Secara umum, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas terlihat sedang menguji area resistan. Jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1392.01 per troy ounce membuka peluang harga akan terus bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran USD 1420.80 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah maka support USD 1367.03 per troy ounce berpotensi akan disentuh oleh pergerakan harga.

Analisa Emas - 17 Maret 2014

Pasar emas menyelesaikan sesi perdagangan akhir pekan lalu dengan keuntungan tajam mencapai level tertinggi sejak enam bulan terkahir pada level tertinggi Jum’at (14/3) pada $1,387.85.
Diawal pekan ini, pasar emas dibuka gap up sekitar $10.35 setelah meningkatnya ketengan di Ukraina setelah pungutan suara pada akhir pekan yang menunjukkan lebih dari 90% memilih untuk bergabung dengan kedaulatan Rusia.
Diakhir sesi perdagangan pekan lalu (14/3) harga emas berjangka kontrak April ditutup dengan keuntungan sebesar $6.60 atau 0.5% berakhir $1,379.00 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Selama  sesi perdagangan pekan lalu harga emas berjangka kontrak April mencatatkan keuntungan sebesar $40.80 atau 3.05%.
Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (14/3) dengan keuntungan sebesar $11.70 atau 0.85% berakhir pada $1,382.50. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,387.85 dan serendah $1,367.70. Harga emas spot selama sesi perdagangan kemarin mencatatkan keuntungan sebesar $42.60 atau 3.18%.
Fundamental – Selama sesi perdagangan akhir pakan, harga emas melonjak tajam menjelang pungutan suara atas kedaulatan Ukraina ditengah kegagalan pemerintahan selama dua bulan terakhir.
Beberada data ekonomi AS yang menunjukkan hasil yang kurang memuaskan juga memberikan dukungan pada harga emas. Tingkat Inflasi Produsen AS menunjukkan penurunan sebesar 0.1% selama periode Februari, berbanding terbalik dengan perkiraan dan data sebelumnya yang masing-masing berada pada 0.2%.
Dari survei oleh University Of Michigan, Consumer Sentiment AS turun pada level 79.9, lebih rendah dari perkiraan dan data sebelumnya pada 81.9 (F) dan 81.6 (P).
Dari berita akhir pekan,  pungutan suara di Crimea menunjukkan bahwa 93% pemilih di Crimea memilih untuk memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung kembali dengan Rusia, seperti yang diharapkan secara luas, menurut AFP. Voting berakhir pukul 2 siang waktu wilayah Crimea Ukraina. 
Secara terpisah, Presiden Amerika Barack Obama pada hari Minggu mengatakan suara bertentangan dengan konstitusi Ukraina dan diselenggarakan di bawah "ancaman kekerasan dan intimidasi dari intervensi militer Rusia yang melanggar hukum internasional,".
Sampai dengan saat ini belum ada yang menybutkan apakah pungutan suara akan dirilis ulang. Namun hasil yang pungutan yang ada saat ini akan mendorong ketegangan meningkat antara Rusia dan Negara-negara Barat.
Saat ini, pasar nampak belum merespon secara penuh. Banyak investor nampak mencoba untuk mengukur apa dampak ketegangan geopolitik dan sanksi pada ekonomi global. Pasar juga akan mengamati untuk melihat langkah-langkah apa militer Rusia berikutnya di Crimea.
Technical – Harga emas telah menguji level resistance $1,376.50 dan mungkin akan dapat melanjutkan trendnya. Pasca terjadinya penembusan level resistance mungkin akan terjadi konsolidasi level koreksi sebelumnya akhirnya melanjutkan trendnya pada kisaran $1,395.00 - $1,401.00.
Level koreksi pada harga emas diperkirakan akan terjadi dalam jangka pendek diperkirakan akan berada pada kirasan $1,372.00 , $1,362.00.
Selama sesi perdagangan hari ini, Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,395.60 - $1,378.50. Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.
Alternatif Posisi :
Outlook : Positif
Short Term Trade :

- Buy If Break $1,395.60 
  Target : $1,398.50 ; $1,401.50
- Sell If Break $1,378.50
  Target : $1,375.50 ; $1,372.50
 
Source : 
Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...