Kamis, 13 Maret 2014

Analisa Emas 14 March 2014 : Harga Emas Terus Membumbung Tinggi


Harga Emas Terus Membumbung Tinggi

Harga Emas terus melonjak ke level tertinggi selama beberapa hari terakhir setelah eskalasi lanjutan dari ketegangan di Ukraina dan risiko pertumbuhan berkelanjutan di China telah menjadi pendorong utama pada pergerakan emas di sesi sebelumnya.

Sekutu Barat dan Rusia terus mengintensifkan pembicaraan ketika referendum Crimea semakin dekat. Menteri Luar Negeri AS, John Kerry memperingatkan bahwa "serangkaian langkah serius" akan dimulai melawan Rusia jika Moskow melanjutkan referendum, sementara Presiden Obama berjanji untuk "berdiri dengan Ukraina". Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan bahwa Rusia mempunyai risiko kerusakan politik dan ekonomi secara "besar-besaran".


Tetapi ancaman tersebut sejauh ini masih gagal untuk melunakkan posisi Rusia. Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia, Lavrov telah memperingatkan para pemimpin Barat untuk tidak mengambil "langkah-langkah tergesa-gesa dan sembrono" yang akan merusak hubungan bilateral.

Data eknomi terbaru dari Cina telah menambah kekhawatiran tentang risiko pertumbuhan di negara ekonomi terbesar kedua di dunia. Penjualan ritel, produksi industri dan investasi pad bulan Februari terlihat turun lebih dari yang diperkirakan.

Pembelian emas fisik terutama dari Asia, telah terlihat dengan baik selama beberapa minggu terakhir, ketika harga premi kecil atau sesekali diskon harga di perdagangan Shanghai Gold Exchange dibandingkan harga spot. Selain itu, pedagang emas di pasar menunjuk harga forward rates emas yang dikenal sebagai tarif "GOFO" juga terlihat positif.

Harga emas berpotensi akan terus bergerak rally ketika ketegangan antara Ukraina dan Rusia masih tetap berlangsung, dan ditambah kekhawatiran tentang ekonomi Cina akan membuat harga emas terus mendapatkan tawaran yang baik di pasar.

Pada pergerakan hari Kamis kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1366.95 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung menguat tajam dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1374.75 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1370.05 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 3.1.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berpotensi akan terus bergerak bullish. Harga emas terlihat masih berada di atas indikator simple moving average 50 dan 20 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 65 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi jenuh beli. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish minor.


Secara umum, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas terlihat sedang menguji area resistan. Jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1376.30 per troy ounce membuka peluang harga akan terus bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran USD 1391.71 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah maka support USD 1362.93 per troy ounce berpotensi akan disentuh oleh pergerakan harga.

Analisa Emas - 14 Maret 2014

Harga emas terus mencatatkan level tertinggi baru menjelang vote Uni Eropa atas sanksi terhadap Rusia pasca meningkatnya Krisis politik Ukraina. Harga emas melonjak tajam mencapai level tertinggi sejak enam bulan terakhir.
Emas berjangka kontrak April ditutup dengan keuntungan sebesar $1.9 atau 0.1% berakhir pada $1,372.40 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. 

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (13/3) dengan keuntungan sebesar $3.6 atau 0.26 berakhir pada $1,370.80. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,374.90 dan serendah $1,364.35.

Fundamental
Pada Kamis (13/3) Rusia kembali meluncurkan latihan militer baru di dekat perbatasannya dengan Ukraina, Rusia sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda mundur dari berencananya untuk mengambil alih Crimea meskipun peringatan keras telah diluncurkan oleh AS adan Uni Eropa.

Pada hari sebelumnya, Uni Eropa telah menyetujui sanksi terhadap Rusia, termasuk larangan perjalanan dan pembekuan aset terhadap mereka yang bertanggung jawab karena melanggar kedaulatan Ukraina.

Sanksi yang dijelaskan dalam dokumen sebanyak tujuh halaman menjelaskan secara rinci tindakan pembatasan yang akan diambil terhadap Moskow jika tidak berbalik arah dari Krimea dan mulai terlibat dengan mediator internasional pada upaya untuk menyelesaikan krisis.

Jika disetujui oleh menteri luar negeri Uni Eropa pada pertemuan pada hari Senin mendatang, mereka akan menjadi sanksi pertama yang dikenakan oleh Uni Eropa terhadap Rusia sejak akhir Perang Dingin, menandai memburuknya hubungan Negara kawasan Timur-Barat.

Sementara itu, langkah-langkah sanksi lainnya, tengah dalam koordinasi oleh Amerika Serikat, Swiss, Turki , Jepang dan Kanada.

Perhatikan setiap perkembangan yang terjadi seputar krisis politik di Ukraina setiap ketegangan yang meningkat akan mendorong harga emas untuk bergerak lebih tinggi karena meningkatnya permintaan safe-heaven.

Dari pasar AS, pasar akan terfokus pada data indeks harga produsen (PPI) pada pukul 19.30 GMT+7 dan Consumer Confidence pada pukul 20.55 GMT+7. Dari data yang dirilis semalam, menunjukkan bahwa jumlah klaim pengangguran AS turun sebanyak 9.000 klaim menjadi 315.000 ,angka ini juga dirilis lebih rendah dari perkiraan pasar sebelumnya pada 330.000.

Sementara penjualam retail AS naik sebesar 0.3% selama periode Februari, lebih tinggi dari perkiraan dan data sebelumnya pada 0.2% (F) dan -0.6% (P)

Technical – Harga emas perlu menguji level resistance $1,376.50 untuk dapat melanjutkan trendnya. Pasca terjadinya penembusan level resistance mungkin akan terjadi konsolidasi level koreksi sebelumnya akhirnya melanjutkan trendnya pada kisaran $1,395.00 - $1,401.00.

Level koreksi pada harga emas diperkirakan akan terjadi dalam jangka pendek diperkirakan akan berada pada kirasan $1,352.00 , $1,336.00.

Selama sesi perdagangan hari ini, Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,385.80 - $1,362.90. Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi :
 
Outlook : Positif

Short Term Trade :
- Buy If Break $1,385.80
  Target : $1,388.00 ; $1,391.00

- Sell If Break $1,362.90
  Target : $1,360.00 ; $1,357.00

Source : 
Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...