Senin, 03 Maret 2014

Analisa Emas 03 March 2014 : Pagi Ini Harga Emas Melompat ke Atas Terkait Ketegangan di Ukraina


Pagi Ini Harga Emas Melompat ke Atas Terkait Ketegangan di Ukraina

Pada hari Jumat lalu, perdagangan Emas berjangka ditutup lebih rendah karena meningkatnya data sentimen konsumen di AS dan kekuatan dalam barometer bisnis di Chicago yang berkontribusi pada kenaikan di pasar ekuitas AS, sehingga memikat investor untuk menjauh dari logam emas.

Harga emas berjangka, membukukan kerugian sekitar 0,2% untuk minggu lalu dengan melakukan penurunan pada minggu pertama dalam empat minggu terakhir. Data ekonomi AS yang terlihat optimis cenderung untuk menarik investor menjauh dari investasi safe haven emas dan bergerak menuju aset berisiko. Indeks saham S & P 500 naik +0.28% dan mencapai rekor intraday.


Pasar mengharapkan, Janet Yellen benar-benar mencari tahu beberapa bagian yang membuat ekonomi AS melemah yang dikarenakan cuaca buruk dan mencari tahu apakah program pengurangan pembelian obligasi bank sentral akan terus dilakukan.

Di Ukraina, setelah sekelompok orang bersenjata telah menyita bangunan pemerintah daerah dan kemudian menguasai bandara di Crimea di Ukraina Selata ketika Rusia sedang bersiap-siap untuk melakukan latihan perang di dekat perbatasan Ukraina, membuat investasi safe havens seperti Treasury, emas, yen serta Swiss Franc semuanya kembali meningkat.

Kemarin, Ukraina terlihat sedang memobilisasi tentara cadangan dan menyerukan kehadiran pengamat asing di Crimea setelah Rusia menguasai wilayah Laut Hitam. Menteri Luar Negeri AS John Kerry bergegas dengan bepergian ke Ukraina pada hari ini, sementara menteri luar negeri Uni Eropa akan mengadakan pertemuan darurat melihat kondisi terakhir dari Ukraina.

Pada awal pembukaan pasar Senin ini, harga emas berjangka bergerak naik ke atas terkait kondisi terakhir di Ukraina yang terus memanas membuat investasi safe have kembali menjadi pilihan pada Senin pagi ini.

Pada pergerakan hari Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1330.43 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung melemah di sesi Asia dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1319.73 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1323.43 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD 7.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih terus bergerak bullish. Harga emas terlihat berada di atas indikator simple moving average 50 dan 20 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 62 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak  bullish.


Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas terlihat sedang melakukan rebound dengan bergerak ke atas untuk menguji resistan USD 1345.32 per troy ounce. Pecahnya area tersebut membuka peluang harga akan bergerak ke atas menuju resista berikutnya pada kisaran USD 1374.51 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah maka support USD 1319.99 per troy ounce akan di sentuh oleh pergerakan harga.

Analisa Emas - 3 Maret 2014

Harga emas dibuka menguat tajam di sesi perdagangan awal Maret (3/3). Dibuka dengan gap lebih dari $10 pada kisaran $1,337.05. Pada sesi perdagangan Jum’at (28/2) harga emas ditutup lebih rendah dengan kerugian minim.

Emas berjangka kontrak April menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at dengan kerugian sebesar $10.20 atau 0.8% berakhir pada $1,321.60 di divisi Comex New York Mercantile Exchange.
Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at dengan kerugian sebesar $3.10 atau 0.23% berakhir pada $1,319.30. Sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,333.15 dan serendah $1,319.50.

Dalam sepekan terakhir harga emas kontrak April dan emas spot mencatatkan kerugian yang masing-masing sebesar $2 atau 0.15% untuk emas kontrak April dan sebesar $6.7 atau 0.51% untuk emas spot.

Selama Periode Februari emas berjangka kontrak April mencatatkan keuntungan sebesar $77.20 atau 6.2% dan sebesar $80.10  atau 6.46% untuk emas spot.

Berita Terbaru,

Dalam data yang dirilis pada hari Jum’at (28/2), angka GDP AS dirilis dengan kecepatan yang lebih rendah yakni pada 2.40%, lebih rendah dari perkiraan dan data sebelumnya yang masing-masing berada pada 2.6% (F) dan 3.2% (P).

Sementara tingkat penjualan rumah yang tertundah naik 0.1% pada periode Januari, lebih rendah dari perkiraan dan data sebelumnya yang masing-masing berada pada 2.9% (F) dan -5.8% (P).

Pada situasi lainnya, memasuki sesi perdagangan Senin (3/3) harga emas dibuka dengan keuntungan tajam setelah selama libur akhir pekan dunia dipenuhi dengan isu krisis keuangan dan Politik Ukraina yang semakin memburuk.

Harga minyak mentah dunia yang naik pada kisaran $102.50 selama akhir perdagangan Jum’at juga telah memberikan dukungan besar ditengah memuncaknya isu geopolitik Ukraina. 

Memasuki sesi perdagangan hari ini pasar emas akan focus pada data Personal Income dan Personal Spending AS yang akan dirilis pada 20.30 GMT+7. Selama sepekan kedepan pasar diperkirakan akan diperdagangkan lebih volatile menjelang data ADP Employment dan Non-Farm Payrolls AS.

Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,355.70 - $1,335.40. Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi :

Outlook : Positif
Short Term Trade 

- Buy If Break $1,355.70
  Target : $1,358.00 ; $1,360.00

- Sell If Break $1,335.40
  Target : $1,332.50 ; $1,330.00
Source :
Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...