Jumat, 21 Maret 2014

Analisa Emas 21 March 2014 : Pasar Tunggu Triger Selanjutnya Ketika Harga Emas Tertahan

Pasar Tunggu Triger Selanjutnya Ketika Harga Emas Tertahan

Emas terlihat stabil dan tertahan di area terendah tiga minggu. Harga emas berada di bawah tekanan pada minggu ketika Rusia dengan bergerak cepat mencaplok Crimea. Rusia terus memperkuat cengkeramannya kepada Crimea, sehingga mendorong Presiden AS, Obama untuk memulai sanksi tambahan.

Sanksi pertama sebagian besar hanyalah simbolis. Namun, ancaman sebenarnya terlihat ketika Rusia segera membalas dengan sanksi terhadap sejumlah politisi AS dan anggota staf Gedung Putih dengan mengatakan bahwa ia akan terus merespon "serangan musuh".


Demikian juga dengan beberapa kejutan dari gubernur the Fed, Janet Yellen terkait pertemuan kebijakan bank sentral AS. Janet Yellen mengatakan bahwa kenaikan suku bunga akan dimulai "enam bulan" setelah kebijakan ketat dilakukan di sekitar tahun 2015. Namun, pernyataan kebijakan itu sejalan dengan ekspektasi , dan pernyataan tersebut dinilai masih tetap cukup dovish oleh beberapa kalangan.

Bank sentral Eropa kemungkinan akan  mengakhiri pembatasan penjualan kepemilikan emas pada tahun ini, kata seorang bankir sentral Jerman atas. "Negosiasi masih berlangsung," kata anggota dewan Deutsche Bundesbank Carl-Ludwig Thiele dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal.

"Tidak ada yang bisa melihat masa depan, dan oleh karena itu saat ini sedang dibahas apakah itu harus dilanjutkan," tambahnya. The Bundesbank saat ini memegang sekitar 3400 metrik ton emas.

Pada tahun 1999, 15 bank sentral Eropa setuju untuk menjual tidak lebih dari total 400 ton logam mulia selama lima tahun berikut. Perjanjian tersebut telah diperpanjang pada tahun 2004, tetapi maksimum penjualan meningkat menjadi 500 ton. Akhirnya pada tahun 2009, 17 bank sentral Eurosystem, Swedia Riksbank dan Swiss National Bank memperpanjang perjanjian selama lima tahun, dengan menurunkan penjualan ke 400 ton selama lima tahun ke depan.

Pada pergerakan hari Kamis kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1330.55 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas masih terus melanjutkan pelemahannya dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1320.45 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1327.55 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD 3.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masuk ke dalam fase terkoreksi. Harga emas terlihat masih berada di atas indikator simple moving average 200 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 36 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bullish minor.


Bias intraday, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih dalam kondisi bearish dan saat ini harga terlihat rebound tipis dengan menguji area resistan USD 1339.65 per troy ounce. Pecahnya area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistan USD 1349.65 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah terhadap dollar dengan menembus support USD 1327.28 per troy ounce membuka peluang harga akan terus bergerak ke bawah menuju support berikutnya pada kisaran USD 1307.28 per troy ounce.

Analisa Emas - 21 Maret 2014

Harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (20/3) dengan kerugian tipis setelah selama sesi perdagangan sebelumnya harga emas sempat anjlok hingga lebih dari $30 (19/3). Pertemuan FOMC Minutes AS dan hasil press conrefenre  kepala Fed AS Janet Yellen yang telah mendorong aksi sell-off oleh para investor setelah optimisme hampir seluruh member untuk mulai menaikkan suku bunga AS pada 2015 mendatang.

Harga emas berjangka kontrak April ditutup dengan kerugian sebesar $10.80 atau 0.8% berakhir pada level $1,330.50 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (20/3) dengan kerugian sebesar $2.30 atau 0.17% berakhir pada $1,328.10. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,335.30 dan serendah $1,320.80.

Selama sesi perdagangan AS, harga emas nampak bergerak lebih tinggi pasca press conference Presiden Barack Obama atas sanksi tegas AS kepada Rusia di White House secara Live.

FUNDAMENTAL ANALISIS
Obama dalam press conferencenya mengungkapkan bahwa Kongres dan IMF harus segera bertindak untuk memberikan bantuan kepada Ukraina. Obama juga menegaskan sanksi kepada President Rusia Vladimir Puti dan warga Rusia, serta perbahkan Rusia dalam sektor Usaha. 

Dalam berita semalam, secara terpisah menjelang akhir sesi perdagangan AS, lembaga pemeringkat S&P menurunkan pandangannya terhadap peringkat utang Rusia pasca permasalahan Geopolitiknya menjadi “Negatif” dari ‘Stabil’ dengan peringkat saat ini pada “BBB”.

Pada perdagangan Rabu (19/3) pasar secara global hanya terfokus pada pertemuan FOMC Minutes dan press conference pertama Kepala Federal Reserve Janet Yellen pasca berakhirnya masa jabata Ben Bernanke.

Dalam statement FOMC yang dirilis semalam, Fed memutuskan untuk kembali mengurangi skala pembelian obligasi AS sebanyak $10 milliar menjadi $55 miliar. Pemotongan juga menandai kasi tapering yang ke-3 kalinya sejak awal tahun.

Fed juga melihat bahwa tingkat pengangguran AS selama 2014 akan berada pada kisaran 6.1% s.d 6.3%, turun dari perkiraan sebelumnya pada kisaran 6.3% s.d 6.6%. dan diperkirakan akan turun hingga kisaran 5.6% s.d 5.9% pada tahun 2015. Angka ini direvisi turun dari perkiraan sebelumnya untuk 2015 yakni pada 5.8% s.d 6.1%.

Sementara itu, Fed memperkirakan bahwa bahwa pertumbuhan GDP AS selama tahun 2014 akan berada pada kisaran 2.78% s.d 3.0%, turun dari perkiraan sebelumnya pada 2.8% s.d 3.2%. Dan selama 2015 GDP AS diperkirakan akan berada pada kisaran 3.0% s.d 3.2%, lebih rendah dari 3.0% s,d 3.4%.
Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Janet Yellen dalam press conferencenya yang berlangsung selama 1 jam. Yellen mengungkapkan bahwa Taepring mungkin akan diselesaikan dalam enam bula kedepan, dan akan memulai untuk menaikkan suku bunga AS sebagai langkah berikutnya.

Apa yang diungkap oleh Yellen juga sejalan dengan sebagian besar pernyataan anggota Fed lainnya yang mengungkapkan bahwa kenaikan suku bunga dengan target 1% hingga akhir 2014 dan hingga 2.25% pada 2016, dari level saat ini pada 0.25%.

Selama sesi perdagangan hari ini, Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,345.30 - $1,324.70. Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.


Alternatif Posisi :
Outlook : Netral

Short Term Trader :

- Buy If Break $1,345.30
  Target : $1,348.50 ; $1,351.00

- Sell If Break $1,324.70
  Target : $1,321.50 ; $1,318.50

Source : Antamgold.com, kedaitrader.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...