Senin, 24 Maret 2014

Analisa Emas 25 March 2014 : Harga Emas Jatuh Karena Sentimen Suku Bunga AS

Harga Emas Jatuh Karena Sentimen Suku Bunga AS

Harga emas jatuh sekitar 2 persen pada sesi sebelumnya, dan merupakan penurunan satu hari terbesar dalam hampir dua bulan, ketika hedge fund melakukan aksi profit taking dengan menjual logam emas di tengah kekhawatiran terkait kenaikan suku bunga AS.

Sentimen investor di pasar emas berbalik bearish pada pekan lalu setelah gubernur the Fed, Janet Yellen mengatakan bank sentral mungkin akan mengakhiri program pembelian obligasi besar-besaran pada musim gugur tahun ini, dan berpotensi akan mulai menaikkan suku bunga sekitar enam bulan kemudian.

Pasar terlihat akan sulit bergerak reli ketika permintaan yang berkelanjutan dari pembelian emas fisik yang kuat dari Asia tidak muncul dikarenakan data ekonomi terbaru menunjukkan bahwa PMI manufaktur HSBC Cina berada di harga terendah sejak Juli, dan jauh dari perkiraan analis pada bulan ketiga berjalan.

Pada hari Senin, mata uang Cina mencatat penguatan terbesar dalam hampir 30 bulan terkait spekulasi bahwa pemerintah Cina akan memberikan langkah-langkah kebijakan stimulus untuk mendukung perekonomian.

Minggu lalu, Yuan mengalami penurunan terbesar mingguan setelah bank sentral meningkatkan upaya untuk mengeluarkan hot money dari pasar. Pergerakan Yuan yang volatile telah membuat resah beberapa investor yang sudah mencemaskan kabar default obligasi domestik dan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Hubungan antara suku bunga real jangka panjang di AS dan harga emas sangat negatif. Imbal hasil obligasi AS dengan tenor sepuluh tahun naik lebih lanjut pada hari Senin, terdorong hingga 2,75% karena harga utang Treasury jatuh.  Inflasi harga konsumen di AS terakhir dipatok sebesar 1,1% per tahun.

Pada pergerakan hari Senin kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1333.21 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung melanjutkan pelemahannya dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1307.85 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1308.58 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD 24.63.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish. Harga emas terlihat masih berada di bawah indikator simple moving average 50 dan 200 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 28 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi jenuh jual. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish minor.


Bias intraday, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga sedang menguji area support USD 1307.85 per troy ounce. Pecahnya area tersebut membuka potensi harga akan bergerak kebawah menuju support USD 1284.96 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1327.71 per troy ounce membuka peluang harga akan terus bergerak ke atas untuk melakukna fase rebound menuju resistan berikutnya pada kisaran USD 1340.00 per troy ounce.

Analisa Emas - 25 Maret 2014

Harga emas dunia menyelesaikan sesi perdagangan awal pekan dengan kerugian tajam sejak dirilisnya hasil pertemuan FOMC Minutes AS pada Kamis (20/3) dan hasil press conferenn beberapa member FOMC selama akhir pekan. Beberapa data ekonomi AS yang dirilis semalam juga membawa harga emas terperosok mencapai level terendahnya sejak 20 Februari.

Harga emas berjangka kontrak April ditutup dengan kerugian sebesar $24.80 atau 1.9% berakhir pada $1,311.20 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.  Selama sepekan lalu harga emas berjangka mencatatkan kerugian sebesar $43 atau 3.12%.

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Senin (25/3) dengan kerugian sebesar $25.50 atau 1.91% berakhir pada $1,309.00. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,334.05 dan serendah $1,307.90. Harga emas spot mencatatkan kerugian mingguan sebesar $53 atau 3.82%.

FUNDAMENTAL ANALISIS
Selama sesi perdagangan berlangsung harga emas mengalami tekanan besar. hasil press conference beberapa member selama akhir sesi perdagangan Jum’at lalu, telah membawa sentiment FOMC kembali kepermukaan. 

Press conference beberapa member FOMC pada sabtu dini hari, mengungkapkan bahwa pelonggaran kebijakan moneter yang akomodatif harus mulai dikurangi ketika melihat ekonomi mulai nampak membaik dan ketika tingkat resiko (imbali hasil/yield) atas obligasi yang beredar melemah yakni dibawah 1.6%.

Pasar berada dalam bayang-bayang kenaikan suku bunga AS yang direncanakan oleh Janet Yellen dalam pertmuan FOMC pekan lalu pada akhir tahun ini. Meski tidak digambar secara jelas namun pernyataan Yellen yang menyebutkan bahwa stimulus akan diselesaikan dalam enam bulan kedepan tdan prospek suku bunga pada kisaran 1% pada tahun 2015 adalah signal yang cukup jelas bahwa ketika stimulus berakhir The Fed akan mengalihkan fokusnya pada suku bunga yang saat ini berada dalam level 0.25% sejak 2008.

Diluar dari pertemuan FOMC pekan lalu, selama sesi perdagangan semalam harga emas semakin terpuruk pasca data ekonomi AS dirilis. Chicago Fed National Activity dirilis dengan hasil yang mengajetukan bagus, ekonomi tumbus pada level 0.14 pada Februari dari 0.45 pada periode sebelumnya.

Memasuki sesi perdagangan pekan ini, faktor fundamental yang akan mempengaruhi pasar adalah persetujuan paket Bailout untuk Ukraina yang diperkirakan akan diputuskan pada pekan ini. Jika disetujui pasar emas diperkirakan akan merespon hal tersebut sebagai faktor negatif. Disetujuinya paket bailout Ukraina sedikitnya akan menolong Negara tersebut kluar dari krisis Utang. 

Selain itu, data AS seperti New Homes Sales, Durable Goods, GDP dan Jobless klain akan mewarnai pasar salaam sepekan kedepan.

Alternatif Posisi : 
Outlook : Netral

Short Term Trade :
- Buy If Break $1,321.70
  Target : $1,325.00 ; $1,328.00

- Sell If Break $1,299.80
  Target : $1,276.50 ; $1,373.50

Source : Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...