Minggu, 09 Maret 2014

Analisa Emas 10 March 2014 : Harga Emas Tertekan Karena Payroll AS Membaik


Harga Emas Tertekan Karena Payroll AS Membaik

Pergerakan Emas jatuh sebanyak 1 persen dan berakhir lebih rendah pada hari Jumat karena data payroll AS yang dirilis lebih kuat dari perkiraan pasar sehingga membantu meredakan kekhawatiran perlambatan ekonomi pada negara ekonomi terbesar dunia dan menjaga Federal Reserve tetap berada di jalur untuk terus mengurangi stimulus moneter.

Pengusaha di AS telah menambahkan 175.000 pekerjaan di bulan lalu setelah membuat 129.000 posisi baru pada bulan Januari, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja AS. Tingkat pengangguran di AS terlihat, naik menjadi 6,7 persen dari level terendah lima tahun dari 6,6 persen.

Harga Emas bergerak dan mengupas beberapa kerugian awal setelah benchmark yields Treasury AS dengan tenor 10- tahun memberikan kembali beberapa pergerakan keuntungan dengan naik ke level enam minggu tertinggi.


Presiden Federal Reserve Bank of New York, William C. Dudley mengatakan ia melihat momen "cukup menguntungkan" terhadap prospek ekonomi AS." Saya akan lebih memilih pertumbuhan ekonomi di AS yang lebih cepat dengan tujuan mandat ganda kami yang berkelanjutan untuk mempertahankan stabilitas harga," kata Dudley dalam teks pernyataan yang diberikan di Brooklyn College di New York. "Oleh karena itu, kebutuhan lebih lanjut untuk kebijakan moneter masih tetap akomodatif dan mendukung pemulihan ekonomi secara maksimal."

Pasar juga akan terus mencari data ekonomi untuk melihat petunjuk terbaru tentang apakah Federal Reserve akan terus secara melakukan program pengurangan pembelian obligasi secara bertahap ?

Harga Emas juga mengalami tekanan karena "kurangnya permintaan safe-haven," ketika situasi di Ukraina telah stabil. Namun, "pasar saat ini belum melihat dengan jelas karena dalam beberapa minggu mendatang fungsi emas sebagai investasi safe-haven mungkin akan “soar” terkait situasi di Ukraina lebih lanjut."

Pada pergerakan hari Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1350.01 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas sempat menguat dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1352.83 per troy ounce. Harga emas mendapat tekanan di pasra New York dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1327.87 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1339.12 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 10.89.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an masih terus bergerak bullish. Harga emas terlihat berada di bawah indikator simple moving average 50 dan 20 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 43 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bearish minor. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak  bearish minor.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas terlihat sedang melakukan pergerakan koreksi dengan bergerak ke bawah untuk menguji suport USD 1327.10 per troy ounce. Pecahnya area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke bawah untuk melakukan pergerakan koreksi lanjutan menuju support berikutnya pada kisaran USD 1310.07 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas menguat terhadap dollar dan tertahan di atas area support membuka peluang harga emas akan melakukan fase rebound dengan bergerak ke atas menuju resistan USD 1354.63 per troy ounce.

Analisa Emas - 10 Maret 2014

Harga emas mencatatkan keuntungan mingguan yang cukup besar ditengah meningkatnya ketegangan krisis politik Ukraina selama sesi perdagangan minggu lalu. Diakhir sesi perdagangna pekan lalu harga emas terkoreksi setelah data Non-Farm payrolls AS menunjukkan hasil yang sangat baik.
Harga emas berjangka kontrak April menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (7/3) dengan kerugian sebesar $13.6 atau 1% berakhir pada kirasan $1,338.20 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dengan keuntungan mingguan sebesar $16.60 atau 1.24%

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at dengan kerugian sebesar $10.50 atau 0.78% berakhir pada $1,339.90. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,352.80 dan serendah $1,327.60.

Selama sesi perdagangan pekan laluu harga emas spot mencatatkan keuntungan sebesar $20.60 atau 1.56%.

Berita Terbaru,

Non-Farm Payrolls AS yang dirilis naik tajam pada angka 175.000, berada diatas perkiraan pasar pada angka 151.000. Sementara pada data periode bulan Januari direvisi naik menjadi sebesar 129.000 dari 113.000 pada angka yang dirilis pada awal Februari lalu.

Sementara tingkat pengangguran AS secara tak terduga naik pada level 6.7% dari 6.6% pada Januari.
Sejak sesi perdagangan Selasa (4/3) permasalahan GeoPolitik Rusia-Ukraina nampak sedikit mereda pasca Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan bahwa bahwa kehadiran tentara Rusia di Crimea itu hanya untuk membela instalasi militer Rusia di sana, yakni Black Sea Fleet.

Memasuki sesi pekan ini, pasar hanya akan terfokus pada data-data ekonomi mingguan dari pasar Asia, Eropa dan Amerika. Data Jobless Claim dan Consumer Confidence University Of Michigan pada pekan ini akan menjadi data yang memiliki bobot cukup besar.

Dilaur data tersebut perhatikan setiap perkembangan yang terjadi seputar krisis politik di Ukraina setiap ketegangan yang meningkat akan mendorong harga emas untuk bergerak lebih tinggi karena meningkatnya permintaan safe-heaven.

Diawal pekan volatilitas pasar juga akan berubah pada jam-jam tertentu karena perubahan jam perdagangan memasuki musim semi. Volatolitas pasar diperkirakan akan meingkat pada jam 2 siang (14.00 GMT+7) yakni sebagai jam permbukaan pasar Eropa dan pada pukul 7.30 GMT+7 yakni sebagai pembukaan pasar AS.

Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,341.70 - $1,324.00. Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi : 

Outlook : Positif

Short Term Trade :

- Buy If Break $1,348.50

  Target : $1,351.00 ; $1,354.00

- Sell If Break $1,324.00
  Target : $1,321.00 ; $1,319.00

Source :
Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...