Minggu, 23 Maret 2014

Analisa Emas 24 March 2014 : Harga Emas Terus Coba Bergerak Ke Atas

Harga Emas Terus Coba Bergerak Ke Atas

Harga Emas berhasil melakukan rebound pada sesi sebelumnya, tetapi masih berada di area penutupan mingguan kedua terendah pada tahun ini.  Melemahnya harga emas, membuktikan satu momen baik, dimana pembeli di pasar berpotensi akan mempunyai kesempatan beli emas di harga yang menarik.

Dilaporkan, ekspor perhiasan emas India mulai membaik setelah sempat jatuh lebih dari 30% pada bulan Januari, menurut data dari Dewan Promosi Ekspor Perhiasaan. Nilai ekspor perhiasan emas pada bulan Februari naik sebesar 1% dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2012. Sejak April tahun lalu, ekspor perhiasan emas India ini telah menurun sebesar 50%.

Keuntungan yang terlihat pada industri perhiasaan India merupakan indikasi bahwa emas menjadi lebih tersedia, meskipun ada aturan ketat yang membatasi impor logam emas.

Tahun lalu bank sentral India menerapkan bea masuk pada emas sebesar 10% sehingga membuat sangat sulit untuk membeli emas di India. Pemerintah telah berusaha untuk mengurangi impor emas dalam upaya untuk mengatasi ketidakseimbangan harga yang didorong oleh minyak dunia dan logam emas.

Dolar bergerak melemah terhadap sebagian besar mata uang utama akibat aksi profit taking pada hari Jumat d isesi sebelumnya, meskipun terbuka lebar spekulasi bagi Federal Reserve akan terus melanjutkan kebijakan dengan menaikan suku bunga. Mata uang dollar AS melonjak dengan menguat pada minggu sebelumnya setelah gubernur Federal Reserve, Janet Yellen menyarankan pada konferensi pers pada hari Rabu di pertemuan bulanan FOMC dimana suku bunga berpotensi akan naik enam bulan setelah program pembelian obligasi Fed berakhir.


Pada pergerakan hari jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1328.60 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung menunjukkan performasnya dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1342.34 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1333.11 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 4.51.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an masih terlihat dalam fase koreksi. Harga emas terlihat masih berada di atas indikator simple moving average 200 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 39 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish minor.


Secara umum, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih dalam kondisi bearish dan saat ini harga terlihat berada di area support dimana ada kemungkinan harga akan bergerak ke atas.
Pecahnya resistan USD 1339.65 per troy ounce membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistan USD 1349.65 – 1359.64 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah terhadap dollar dengan menembus support USD 1327.28 per troy ounce membuka peluang harga akan terus bergerak ke bawah menuju support berikutnya pada kisaran USD 1307.28 per troy ounce.

Analisa Emas - 24 Maret 2014

Harga emas dunia menyelesaikan sesi perdagangan akhir pekan dengan keuntungan tipis, namun memcatatkan sesi perdagangan mingguan dengan kerugian tajam pasca pertemuan FOMC Minutes AS yang memungkinkan bahwa langkah pembelian obligasi the Fed akan berakhir pada September – Oktober.

Pada sesi perdagangan akhir pekan, harga emas berjangka kontrak April ditutup dengan keuntungan sebesar $5.50 atau 0.4% berakhir pada level $1,336.00 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.  Selama sepekan lalu harga emas berjangka mencatatkan kerugian sebesar $43 atau 3.12%.

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (21/3) dengan keuntungan sebesar $6.40 atau 0.48% berakhir pada $1,334.50. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,342.30 dan serendah $1,328.00. Harga emas spot mencatatkan kerugian mingguan sebesar $53 atau 3.82%.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Selama sesi perdagangan akhir pekan pasar hanya terfokus pada beberapa data ekonomi Eropa dan tiga jadwal press conference anggota FOMC Minutes AS pada Sabtu dini hari. 

Dari Eropa, data Current Account dari dari kawasan Eropa secara kseluruhan dirilis dengan hasil sangant mengejutkan baik, Current account secara takterduga naik pada angka 25.3milliar dari 20 miliar pada periode Februari. Angka ini dirilis jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya pada 18.4 miliar.

Sementara dari hasil press conference beberapa member FOMC pada sabtu dini hari, mengungkapkan bahwa pelonggaran kebijakan moneter yang akomodatif harus mulai dikurangi ketika melihat ekonomi mulai nampak membaik dan ketika tingakt resiko (imbali hasil/yield) atas obligasi yang beredar melemah yakni dibawah 1.6%.

Selain itu, pada akhir sesi perdagangan AS Jum’at (21/3) pasar diwarnai dengan hasil stress test perbankan AS berdasarkan data kuartal keempat 2013 menunjukkan bahwa 29 dari 30 perbankan yang mewakali lebih dari 100 perbankan lainnya telah memenuhi standart modal minimum diatas 5% dari total asset. 

Diantara 30 perbankan yang mengikuti uji stress test, American Express adalah satu-satunya perbankankan yang gagal memenuhi standart minimum modal diatas 5%.

Memasuki sesi perdagangan pekan ini, faktor fundamental yang akan mempengaruhi pasar adalah persetujuan paket Bailout untuk Ukraina yang diperkirakan akan diputuskan pada pekan ini. Jika disetujui pasar emas diperkirakan akan merespon hal tersebut sebagai faktor negatif. Disetujuinya paket bailout Ukraina sedikitnya akan menolong Negara tersebut kluar dari krisis Utang. 

Selain itu, data AS seperti New Homes Sales, Durable Goods, GDP dan Jobless klain akan mewarnai pasar salaam sepekan kedepan.

Selama sesi perdagangan hari ini, Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,336.10 - $1,318.50 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi :

Outlook : Netral

Short Term Trade

- Buy I Break $1,336.10
  Target : $1,339.00 ; $1,342.00

- Sell If Break $1,318.50
  Target : $1,315.50 ; $1,313.50

Source : Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...