Rabu, 12 Maret 2014

Analisa Emas 13 March 2014 : 2 Hal Yang Membuat Emas Berhasil Tekuk Dollar


2 Hal Yang Membuat Emas Berhasil Tekuk Dollar

Harga Emas melonjak ke level tertinggi enam bulan, didorong oleh meningkatnya ketegangan geopolitik di Ukraina. Selain itu dampak dari obligasi Chaori Cina dan risiko pertumbuhan ekonomi yang meluas terus menjadi kekhawatiran pasar, sehingga menambah daya tarik safe-haven dari emas.

Harga saham runtuh dan harga emas terbang, dipicu oleh meningkatnya ketegangan di sekitar Crimea. Harga emas seperti yang telah sekali lagi menetapkan harga tertinggi baru untuk tahun ini. Pasar saham yang panik telah membantu inevestor mencari rumah yang lebih aman dan mendorong emas ke level USD 1360 per troy ounce.


Referendum Crimea beberapa hari lagi akan dilakukan. Perdana Menteri Inggris, David Cameron mengatakan jendela untuk solusi diplomatik sudah tertutup dengan cepat. Pemimpin Barat sedang berada di London untuk membahas sanksi terhadap Rusia. Sementara itu Perdana Menteri interim, Ukraina berada di Washington untuk mencari bantuan militer dan ekonomi.

Melihat penumpukan pasukan militer Rusia di dekat perbatasan, sekretaris Keamanan Nasional dan Komite Pertahanan Ukraina menyatakan keprihatinan tentang potensi invasi "skala penuh". Ukraina bergerak untuk melakukan Garda Nasional dan menanggapi pergerakan tersebut.

Di Cina, obligasi Chaori default dan membuat pasar terkejut, sehingga menciptakan ledakan terhadap jaminan negara pada surat utang perusahaan. Pemerintah Cina, terlihat tidak mau berdiri di belakang Chaori Solar, dengan memberikan kepada beberapa perusahaan Cina lain yang akan meng-over leverage dan menghadapi potensi default.

Hal ini juga menyebabkan penilaian ulang risiko kredit di Cina yang negatif dapat mempengaruhi investasi akan bergerak maju dan memperburuk perlambatan ekonomi yang telah dibuktikan baru-baru ini dalam data ekonomi.

Pada pergerakan hari Rabu kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1348.60 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung menguat tajam dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1370.80 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1366.67 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 18.07.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berpotensi akan terus bergerak bullish. Harga emas terlihat kembali berada di atas indikator simple moving average 50 dan 20 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 69 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi jenuh beli. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish minor.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas terlihat sedang menguji area resistan. Jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1370.80 per troy ounce membuka peluang harga akan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran USD 1397.84 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah maka support USD 1347.33 per troy ounce berpotensi akan disentuh oleh pergerakan harga.

Analisa Emas - 13 Maret 2014

Harga Emas diperdagangkan melonjak tajam selama sesi perdagangan Rabu (12/3), ditengah meningkatnya ketegangan atas krisis politik Ukraina dan meningkatnya ancaman perlambatan ekonomi China sebagai Negara konsumen komoditas mentah terbesar.

Emas berjangka kontrak April ditutup dengan keuntungan sebesar $23.80 atau 1.8% berakhir pada $1,370.50 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. 

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Rabu (12/3) dengan keuntungan sebesar $17.70 atau 1.31% berakhir pada $1,367.20. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,370.70 dan serendah $1,345.30.

Berita Terbaru,

Pada rabu (12/3), Uni Eropa telah menyetujui sanksi terhadap Rusia, termasuk larangan perjalanan dan pembekuan aset terhadap mereka yang bertanggung jawab karena melanggar kedaulatan Ukraina.
Sanksi yang dijelaskan dalam dokumen sebanyak tujuh halaman menjelaskan secara rinci tindakan pembatasan yang akan diambil terhadap Moskow jika tidak berbalik arah dari Krimea dan mulai terlibat dengan mediator internasional pada upaya untuk menyelesaikan krisis.

Jika disetujui oleh menteri luar negeri Uni Eropa pada pertemuan pada hari Senin mendatang, mereka akan menjadi sanksi pertama yang dikenakan oleh Uni Eropa terhadap Rusia sejak akhir Perang Dingin, menandai memburuknya hubungan Negara kawasan Timur-Barat.

Sementara itu, langkah-langkah sanksi lainnya, tengah dalam koordinasi oleh Amerika Serikat, Swiss, Turki , Jepang dan Kanada.

Perhatikan setiap perkembangan yang terjadi seputar krisis politik di Ukraina setiap ketegangan yang meningkat akan mendorong harga emas untuk bergerak lebih tinggi karena meningkatnya permintaan safe-heaven.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar global akan mulai terfokus pada data Klaim pengangguran dan Retail sales AS.

Emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,376.50 - $1,352.40. Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi : 

Outlook : Negatif

Short Term Trade :

- Buy If Break $1,376.50

  Target : $1,380.00 ; $1,383.00

- Sell If Break $1,352.40
  Target : $1,349.00 ; $1,346.00

Source : 
Antamgold.com , kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...