Minggu, 27 April 2014

Analisa Emas 28 April 2014 : Kejadian Politik di Ukraina Membuat Harga Emas Naik

Kejadian Politik di Ukraina Membuat Harga Emas Naik

Emas kembali bertengger di level USD 1300 per troy ounce pada hari Jumat karena ketegangan di Eropa Timur terus meningkat tinggi. Membuat fungsi Emas sebagai alat safe haven klasik pada saat kejadian geopolitik kembali mempunyai bargaining.

Perdana Menteri Ukraina, Arseniy Yatsenyuk menuduh Rusia ingin menduduki secara "militer dan politik." Yatsenyuk mengatakan bahwa Rusia "ingin memulai Perang Dunia III."


Sementara pemerintahan Obama dan sekutu Eropa utamanya mengancam akan menjatuhkan sanksi tambahan pada Rusia, karena gagal membawa perjanjian perdamaian yang dilakukan di Jenewa. Situasi yang meningkat telah membebani pergerakan saham global dan meningkatkan daya tarik safe-haven emas.

Presiden Swiss National Bank, Thomas Jordan mengakui kebutuhan untuk safe haven saat ini kembali meningkat, ia hanya tidak ingin pasar memilih Swiss franc. "Kejadian internasional akan menimbulkan tingkat ketidakpastian yang tinggi dan membuat bahaya bagi Swiss fran. Tekanan harga ke atas akan berlanjut dan masih belum dapat dihindari," kata Jordan. Dia melanjutkan bahwa SNB akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk menekan Swiss franc jika diperlukan.

Ingat ketika dolar digunakan untuk menjadi safe haven? US Dollar benar-benar jatuh sampai pertengahan Maret, ketika Rusia mencaplok Crimea. Namun, dolar kembali berada di bawah tekanan baru ketika Rusia mungkin akan memiliki rencana di bagian lain dari timur dan selatan Ukraina.

Tampaknya tidak ada negara yang ingin mata uangnya menguat pada hari ini, ini tercermin dalam kebijakan moneter bank sentral mereka. Hal ini telah menyebabkan perang mata uang akan terus meningkat, di tengah upaya untuk melemahkan mata uang.

Bank-bank sentral negara G-7 telah cukup jelas mempunyai kebijakan bahwa mereka tidak ingin Anda membeli mata uang mereka untuk alasan apapun. Mereka siap untuk melemahkan mata uang dan membeli emas sebagai gantinya.

Pada pergerakan hari Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1293.69 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas sempat melemah tipis dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1290.30 per troy ounce. Harga Emas kembali menguat dengan langsung bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1304.90 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1302.19 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 8.5.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali masuk ke dalam kondisi rebound. Harga emas terlihat masih berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 65 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bullish minor. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bullish minor.


Bias intraday, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi rebound. Jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1307.11 per troy ounce membuka peluang harga akan bergerak keatas menuju resistan USD 1316.25 – 1331.03 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1292.34 per troy ounce berpotensi akan disentuh oleh harga.

Analisa Emas - 28 April 2014

Pasar emas diperdagangkan menguat untuk dua sesi perdagangam berturut-turut setelah sempat terdepresi mencapai level terendah sejak Februari. Dukungan datang untuk pasar emas setelah ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina meningkat selama akhir pekan. Harga emas telah mencoba untuk bertahan diatas level $1,300.00 selama sesi perdagangan Jum’at (25/4).

Emas berjangka kontrak Juni ditutup dengan keuntungan sebesar $10.20 atau 0.8% berakhir pada $1,300.80 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. dengan keuntungan mingguan sebesar $6.9 atau 0.53%.

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (25/4) dengan keuntungan hanya sebesar $2.80 atau 0.22% berakhir pada $1,303.60. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,304.90 dan $1,290.20. 

Dalam seminggu terkahir harga emas spot mencatatkan keuntungan sebesar $6.00 atau 0.46%.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Harga emas beranjak naik dari sesi terendah dalam dua setengah bulan terkahir setelah ketegangan antara Rusia dan Ukraina kembali mencuat kepasar, Pasukan Ukraina yang telah menwaskan lima pasukan pemberontak Pro Moskow telah membangkitkan amarah Rusia yang saat ini bergegas melakukan latihan militer mendekati perbatasan Ukraina.

Diakhir pekan data ekonomi AS dirilis dengan hasil campuran dengan index PMI Service AS dirilis dibawah perkiraan dan data sebelumnya yakni pada 54.2. Sementara hasil survey tingkat kepercayaan konsumen oleh University Of Michigan menunjukkan bahwa sentiment consumen memaik pada level 84.1 , masing-masing lebih tinggi dari perkiraan dan data sebelumnya pada 83.2 (F) dan 82.6 (P).

Memasuki sesi perdagangan pekan ini pasar akan terfokus pada pertemuan FOMC Minutes AS pada Kamis (1/5) dini hari pukul 01.00 GMT+7, yang akan diiringi oleh data Non-Farm Payrolls AS pada Jum’at (2/5).

Pada sesi perdagangan Rabu (30/4) pasar akan terfokus pada data GDP dan ADP Employment AS sebelum FOMC dan NFP dirilis.

Dari semua data yang ada, 80% persen data diperkirakan akan menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibaning data sebelumnya.

TEKNIKAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas telah mencoba menguji level resistancenya pda $1,307.50 memanfaatkan momentum ketegangan geopolitik Ukraina – Rusia. Jika harga mampu bertahan diatas kisaran level resistance tersebut makan harga emas berpotensi bergerak pada area Netral yakni diantara kisaran EMA50 ; EMA100; EMA200 pada level $1,330.80 - $1,299.00.

Indikasi bullish divergent pada grafik harian terlihat dan mengindikasi harga akan cenderung bergerak mendekati level resistance $1,307.50 pada sesi perdagangan hari ini.

Pasar emas diperkirakan akan cenderung diperdagangkan flat atau cenderung diperdagankan pada kisaran yang tidak terlalu besar menjelang pertemuan FOMC Minutes dan data ketenagakerjaan AS pada akhir pekan.

Sementara selama sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,307.50 - $1,293.00 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi :
Outlook : Netral

Short Term Trade : 
- Buy If Break $1,307.50 
  Target : $1,310.50 ; $1,313.50
- Sell If Break $1,293.00
  Target : $1,290.00 ; $1,287.00

Source : antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...