Kamis, 24 April 2014

Analisa Emas 25 April 2014 : Harga Emas Meluncur Ke Atas Karena Krisis Ukraina

Harga Emas Meluncur Ke Atas Karena Krisis Ukraina

Emas sempat tergelincir ke bawah pada hari Kamis, namun aksi rebound yang cukup tajam pada short-covering dan tawaran safe-haven ke atas kembali meningkat karena ketegangan di Ukraina.

Pasukan militer Ukraina melakukan aksi terhadap demonstran pro Rusia di timur Ukraina. Kabarnya lima orang tewas sehingga mendorong ancaman pembalasan dari Rusia. "Jika rezim di Kiev telah mulai menggunakan tentara terhadap penduduk di dalam negeri, maka ini tidak diragukan lagi merupakan kejahatan yang sangat serius," kata Presiden Rusia, Vladamir Putin.


Rusia menuduh Amerika Serikat akan mengarahkan tindakan militer baru di Ukraina dan sehari setelah Wakil Presiden AS, Joe Biden mengunjungi Kiev yang menjanjikan dukungan dari Amerika. Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu juga bereaksi terhadap kedatangan kontingen kecil pasukan AS di Polandia, mengatakan "latihan yang direncanakan oleh pasukan NATO di Polandia dan negara-negara Baltik tidak akan mendorong situasi normal di sekitar Ukraina."

Presiden ECB, Mario Draghi sekali lagi mengatakan bahwa bank sentral akan melakukan pembelian aset berbasis luas karena mata uang Euro masih tetap menguat hingga bergerak ke dekat level tertinggi 2 1/2 tahun. Draghi khawatir bahwa penguatan Euro dapat menggagalkan pemulihan ekonomi yang rapuh di zona Eropa.

Salah satu Gubernur ECB, Luc Coene mengatakan bahwa data inflasi April yang lemah dapat mendorong tindakan kebijakan moneter baru. Coene menganjurkan untuk memotong dengan tingkat refi serta memindahkan suku bunga deposito ke wilayah negatif.

Dilaporkan, negara paman Sam telah mengekspor emas ke Hong Kong sebanyak 57 metrik ton hanya pada bulan Januari 2014. Tahun 2013, AS telah mengekspor emas dengan total 215 metrik ton emas batangan ke Hong Kong dimana sebanyak 17 metrik ton hanya pada bulan Januari 2013. Ini bukan jumlah total emas yang diekspor ke Hong Kong. Namun, Hong Kong menerima lebih banyak emas dari negara lain, seperti Swiss yang berada di posisi kedua sebanyak 150 metrik ton.

Pada pergerakan hari Kamis kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1283.85 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas sempat melemah tipis dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1268.42 per troy ounce. Harga Emas kembali menguat dengan langsung bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1298.63 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1293.05 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 9.2.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali masuk ke dalam kondisi rebound dengan tekanan bearish. Harga emas terlihat masih berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support dan resistan bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 54 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bullish minor. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bullish minor.


Bias intraday, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi rebound. Jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1299.72 per troy ounce membuka peluang harga akan bergerak keatas menuju resistan USD 1316.25 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas menembus support USD 1283.20 per troy ounce berpotensi akan membawa harga emas melakukan pergerakan bearish lanjutan menuju support USD 1268.42 per troy ounce.

Analisa Emas - 25 April 2014

Pasar emas diperdagangkan dengna volatilitas pasar yang besar selama sesi perdagangan kemarin, dengan data ekonomi AS sempat membawa harga emas bergerak pada level terendah sejak Februari. Namun harga kembali melonjak tajam pada kisarna $1,298.00 pasca isu ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina semakin menguat mendorong minat safe-heaven para investor.

Harga emas berjangka kontrak Juni ditutup dengan keuntungan sebesar $6 atau 0.5% berakhir pada $1,290.60 di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (24/4) dengan keuntungan hanya sebesar $3.10 atau 0.24% berakhir pada $1,293.70. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,298.55 dan $1,268.35.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Pasar emas anjlok pada sesi perdagangan Eropa Kamis (24/4) hingga menjelang data Jobless Claim dan Durables Good AS dirilis. Laporan yang menyebutkan bahwa Turki telah menjual kepemilikan emasnya sebanyak 14.3 ton menjadi 483 ton pada periode Maret. 

Durabless Goods AS dirilis dengan kenaikan sebesar 2.6%pada Maret, jauh lebih tinggi dari perkiraan pasar dan data sebelumnya masing-masing pada 2.0% (F) dan 2.1% (P). sementara klaim penangguran AS dirilis dengan lebih tinggi yakni pada 329.000 dari 305.000.

Dari Ukraina, pasukan telah menewaskan lima pemberontak pro-Rusia kemarin, sementara Rusia kembalu meluncurkan latihan militer mendekati perbatas Ukraina dan menimbulkan kekhawatiran serangan militer.

Harga emas melonjak seketika pasca berita tersebut dirilis mencapai level tertinggi harianya pada $1,298.80.

Memasuki sesi perdagnagan hari ini, terus perhatikan setiap perkembangan yang terjadi seputar ketegangan Rusia-Ukraina. Semakin meningkatnya ketegangan Rusia-Ukraina akan meningkatkan permintaan safe-heaven pada pasar emas.

TEKNIKAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas diperkirakan akan bertahan dibawah level $1,300.00 selama kuartal ke-dua tahun ini, dengan batas atas (resistance) yang cukup kuat adalah pada $1,307.50. sementara level support berikutnya yang menjadi support kuat emas adalah $1,265.20.

Emas telah mengalami peralihan trend ketika harga emas gagal untuk mencapai level resistance $1,331.00, dan turun melawati batas bawah area netral pada $1,306.50. 

Sementara selama sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,307.50 - $1,284.40 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi : 

Outlook : Negatif 

Short Term Trade :
- Buy If Break $1,307.50
  Target : $1,310.50 ; $1,313.50

- Sell If Break $1,285.40
  Target : $1,282.50 ; $1,279.50

Source : Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...