Kamis, 03 April 2014

Analisa Emas 04 April 2014 : Emas Tertekan Terbawa Kondisi Ekonomi Eropa


Emas Tertekan Terbawa Kondisi Ekonomi Eropa

Harga Emas berjangka kembali ditutup melemah pada hari Kamis, membalikkan kembali lebih dari setengah keuntungan yang di dapatkan pada sesi sebelumnya karena para trader memposisikan diri menjelang laporan bulanan payroll AS pada hari Jumat.

Harga Emas juga jatuh pada hari Kamis karena mata uang Euro melemah terhadap dolar AS setelah Bank Sentral Eropa kembali mempertahankan suku bunga dan berjanji untuk menggunakan langkah-langkah konvensional untuk memerangi inflasi yang rendah di kawasan Eropa.


Harga emas berada di bawah tekanan setelah ECB membuka pintu untuk menyalakan mesin untuk mencetak uang yang akan berpotensi meningkatkan ekonomi di zona Eropa dan menjaga inflasi yang masih terlalu rendah.

Indikasi awal bahwa peluncuran pembelian aset oleh ECB membuat banyak ekonom berpendapat bahwa pembelian aset ECB merupakan pelanggaran langsung dari larangan Treaty Uni Eropa pada pembiayaan bank sentral dari pemerintah.

Tetapi Jens Weidmann dari Bundesbank mengatakan ECB siap untuk memutarbalikkan kebijakan dengan cara apa pun yang dianggap perlu untuk membenarkan pembelian tersebut. Hal ini menjadi bukti yang cukup mengerikan pada situasi ekonomi Eropa. "Ketakutan terbesar saya adalah benar-benar sampai batas tertentu akan ada stagnasi yang berkepanjangan," kata Draghi.

Sejauh ini, ECB masih berbicara dan belum ada tindakan, tetapi penurunan mata uang Euro menunjukkan bahwa pasar belum sepenuhnya menolak prospek QE.

Pasar akan menunggu laporan setelah data pekerjaan sektor swasta di AS telah mendorong ekspektasi bahwa laporan nonfarm payrolls AS berpotensi akan membaik pada hari Jumat sehingga mengurangi daya tarik logam sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi.

Pada pergerakan hari Kamis kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1289.80 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas sempat menguat dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1293.82 per troy ounce. Harga Emas kembali terpeleset dan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1281.53 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1286.45 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD 3.35.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish. Harga emas terlihat masih berada di bawah indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 42 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bearish. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bullish minor.


Pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga akan menguji area support  USD 1277.58 per troy ounce. Pecahnya area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke bawah menuju support USD 1246.46 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas menguat terhadap dollar dengan menembus resistan USD 1304.39 per troy ounce membuka peluang harga akan terus bergerak ke atas untuk melakukan fase rebound menuju resistan berikutnya pada kisaran USD 1321.29 per troy ounce.

Analisa Emas - 4 April 2014

Pasar emas diperdagangkan dalam ksiaran sempit selama sesi perdagangan Kamis (3/4). Emas mengakhiri sesi perdagangan Kamis (3/4) dengan kerugian tipis pasca pertemuan Bank Sentral Eropa dan jelang data Non-Farm Payrolls AS mala mini.

Emas berjangka kontrak Juni sebagai kontrak emas teraktif saat ini ditutup dengan kerugian sebesar $6.20 atau 0.5% berakhir pada $1,284.60 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. 

Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (3/4) dengan keuntungan sebesar $3.3 atau 0.26% berakhir pada $1,286.60. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,293.90 dan serendah $1,281.60.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Pasar emas nampak sepi salama sesi perdagangan Kamis (3/4) meski data klaim penganguran AS memberikan dampak yang negative bagi pasar dolar. Klaim pengangguran AS selama periode minggu lalu secara tak terduga naik sebanyak 16.000 menjadi 326.000, angka ini dirilis lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya pada 319.000.

Dari pasar Eropa, Pertemuan European Central Bank (ECB) yang diketuai oleh Mario Draghi memutuskan untuk menetapkan suku bunga tidak berubah pada level 0.25%. Dalam press conferencenya, Mario Draghi mengungkapkan bahwa ekonomi Eropa berada dalam fase pertumbuhan saat ini.

Mario Draghi menegaskan untuk tetap melakukan langkah-langkah yang akomodatif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Negara. Tingakt inflasi yang sangat rendah dengan nilai mata uang yang terlalu tinggi memungkinkan untuk ECB melakukan putaran Quantitative Easing (pelongaran kebijakan moneter).

Perlu diketahui bahwa, laju inflasi Eropa telah turun pada kecepatan 0.5% tahun ini, dari 2.7% sejak 2012 lalu.

Rencana QE ooleh ECB seharusnya mampu membawa sentiment yang cukup baik bagi pasar emas, sayang keuntungan nampak terbatas menjelang data Non-Farm Payrolls AS malam ini.

Perlu diingat bahwa pada Rabu (2/3) ADP Employment dirilis dengan hasil yang cukup memuaskan meski dirilis dibawah perkiraan pasar. Angka ADP selama periode Maret tercatat naik menjadi 191.000 dari 178.000 (rev.dari 139.000). angka ini dirilis dibawah perkiraan pasar pada 195.000.

Berdasarkan angka ADP, Non-Farm Payrolls AS yang akan dirilis malam iini pukul 19.30 GMT+7 (4/4) mungkin juga akan dirilis dengan hasil yang tidak terlalu berbeda dengan data ADP yang dirilis sebelumnya. Jika NFP dirilis sesuai dengan perkiraan saat ini maka pasar emas dan pasar mata uang sebagai rival Dollar akan cenderung bergerak lebih rendah.

Sementara selama sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,296.50 - $1,271.00 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posis :
Outlook : Negatif

Short  Term Trade :
- Buy If Break $1,301.70

  Target : 1,305.00 ; $1,308.00

- Sell If Break $1,281.00
  Target : $1,278.00 ; $1,275.00

Source : Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...