Senin, 07 April 2014

Analisa Emas 07 April 2014 : Harga Emas Rebound Karena Data Payroll AS Meleset


Harga Emas Rebound Karena Data Payroll AS Meleset

Harga Emas mengalami penguatan terbesar terhadap dollar dalam satu hari dalam lebih dari tiga minggu terakhir ketika data pekerjaan AS meleset dari estimasi sehingga meredam spekulasi bahwa Federal Reserve akan meningkatkan laju pengurangan stimulus.

Dilaporkan, pertumbuhan ekonomi AS telah menambah 192.000 pekerjaan di bulan lalu dibanding dengan perkiraan sebanyak 200.000. Pekan lalu, Gubernur Fed, Janet Yellen mengatakan bahwa slack dalam pasar tenaga kerja menunjukkan kebijakan akomodatif masih akan diperlukan untuk beberapa waktu ke depan, sementara Presiden Fed Bank of St Louis, James Bullard mengisyaratkan perlambatan inflasi mungkin akan meminta pembuat kebijakan untuk menangguhkan peruncingan stimulus.


Rebound pada harga emas sebagian terjadi didorong oleh harapan bahwa suku bunga AS dapat tetap berada pada level terendah dengan waktu lebih lama sebagai akibat dari ancaman perlambatan ekonomi. Ancaman deflasi dan pertumbuhan ekonomi yang lambat di zona Eropa juga menghalangi kenaikan suku bunga dari ECB.

Permintaan fisik untuk emas masih tetap solid terutama dari Cina dan ada kemungkinan India dapat mengurangi pembatasan impor terhadap logam mulia pada saat ini karena defisit perdagangan negara telah menyempit ke tingkat yang lebih mudah dikelola.

Dubai telah menjadi kota transit emas terbesar di dunia pada tahun lalu dengan hampir sekitar 40 persen dari perdagangan emas fisik global sebanyak 2250 ton telah melewati Dubai, menurut ketua eksekutif dari Dubai Multi Commodities Centre Ahmed bin Sulayem berbicara pada pembukaan dari Dubai Logam Mulia Konferensi tahunan.

Pada pergerakan hari Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD  1286.15 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas langsung menguat tajam dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1306.61 per troy ounce. Akhirnya pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1303.24 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 17.09.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi rebound bearish. Harga emas terlihat masih berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 64 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bullish minor. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bullish minor.

Bias intraday, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga terlihat sperti akan menguji area resistan USD 1304.59 per troy ounce. Pecahnya area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas untuk melakukan fase rebound menuju resistan USD 1321.29 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas melemah terhadap dollar dengan tertahan kuat di bawah resistan USD 1304.59 per troy ounce membuka peluang harga akan bergerak ke bawah untuk melakukan pergerakan bearish lanjutan menuju support berikutnya pada kisaran USD 1277.58 per troy ounce.

Analisa Emas - 7 April 2014

Harga emas melesaikan sesi perdagangan Jum’at (4/4) dengan keuntungan tajam, pasca angka Non-Farm Payrolls AS dirilis dengan hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan banyak investor.
Emas berjangka kontrak Juni sebagai kontrak emas teraktif saat ini ditutup dengan keuntungan sebesar $18.90 atau 1.5% berakhir pada $1,303.50 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. 
Dipasar spot, harga emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (4/4) dengan keuntungan sebesar $15.70 atau 1.22% berakhir pada $1,302.30. setelah sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,306.50 dan serendah $1,284.05.
FUNDAMENTAL ANALISIS
Harga emas berbalik menguat tajam dari sesi terendah hariannya pada $1,286.95 pasca Non-Farm Payrolls AS dirilis selama sesi perdagangan AS selama akhir pekan.
Non-Farm Payrolls AS dirilis pada kisaran 192.000, berada dibawah perkiraan dan data sebelumnya yang masing-masing berada pada 199.000 (F) dan 197.000 (P). menyikapi data tersebut, harga emas menguat mencapai level tertingginya pada $1,306.50.
Senitiment NFP diperburuk oleh tingkat pengangguran AS yang selama sebulan terakhir juga tidak mengalami perubahan tetap pada level 6.7%, berada dibawah harapan pasar pada 6.6%.
Selama sesi perdagangan Jum’at pasar global juga dipenuhi dengan berita terbaru dari Ukraina yang baru-baru ini jumlah pinjaman yang disetujui oleh IMF meningkat menjadi $27 triliun untuk dua tahun mendatang. Jumlah bailout tersebut disetujui pasca Ukraina mengungkapkan untuk memotong subsidi Gas Alam pada 1 Mei mendatang. Pengurangan subsidi ini akan mendorong harga gas alam Ukraina naik sekitar 50%.
Secara terpisah dari Moody’s, lembaga pemeringkat tersebut telah menurunkan peringkat utang Negara menjadi Caa3 dari Caa2, dengan outlook Negatif.
Dari kawasan Eropa, harga emas menerima dukungan kuat setelah ECB mengumumkan percobaan penyelenggaran program pembelian obligasi untuk melemahkan Euro seperti yang dilakukan oleh Federal Reserve AS. Dalam program percobaan penyelenggaran QE ECB meluncurkan program QE sebesar 1 triliun euro.
ECB mengharapkan bahwa QE akan membantu meningkatkan inflasi Eropa pada kisaran 0.2% - 0.8%. Perlu diingat penyelenggaraan QE akan mendorong Bank Sentral untuk meningkatkan kepemilikan Emas sebagai asset satu-satunya yang mampu menjadi jaminan atas asset mereka.
Sementara selama sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,313.00 - $1,294.00 Perhatikan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) kirasan pergerakan harga tersebut.

Alternatif Posisi : 
Outlook : Netral
Short Term Trade :
- Buy If Break $1,313.00
  Target : $1,316.00 ; $1,319.00
- Sell If Break $1,294.00
  Target : $1,291.00 ; $1,288.00


Source : Antamgold.com, kedaitrader.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...