Sabtu, 30 Desember 2017

Bicara tentang Rencana Perdamaian yang menghalangi orang Palestina di Timur Tengah




Foto
Wisatawan dengan panorama Kota Tua Yerusalem. KreditThomas Coex / Agence France-Presse - Getty Images
BEIRUT, Lebanon - Dalam sebuah perjalanan misterius bulan lalu, Mahmoud Abbas, presiden Palestina, pergi ke ibu kota Arab Saudi untuk konsultasi dengan pangeran mahkota keras tentang rencana Presiden Trump untuk perdamaian di Timur Tengah . Apa yang dikatakan saat pintu ditutup, bagaimanapun, sejak itu menggoncang wilayah tersebut.
Menurut pejabat Palestina, Arab dan Eropa yang telah mendengar versi percakapan Abbas, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mempresentasikan sebuah rencana yang akan lebih miring ke arah orang Israel daripada yang pernah dipeluk oleh pemerintah Amerika, yang mungkin tidak ada pemimpin Palestina bisa terima
Orang-orang Palestina akan mendapatkan keadaan mereka sendiri tapi hanya bagian-bagian Tepi Barat yang tidak bersebelahan dan hanya memiliki kedaulatan terbatas atas wilayah mereka sendiri. Mayoritas permukiman Israel di Tepi Barat, yang sebagian besar dianggap ilegal oleh dunia, akan tetap ada. Orang-orang Palestina tidak akan diberi Yerusalem Timur sebagai ibu kota mereka dan tidak akan ada hak untuk mengembalikan pengungsi Palestina dan keturunan mereka.
Gedung Putih pada hari Minggu membantah bahwa rencananya, mengatakan bahwa masih dalam waktu beberapa bulan setelah menyelesaikan cetak biru untuk perdamaian, dan pemerintah Saudi membantah mendukung posisi tersebut.
Itu membuat banyak orang di Washington dan Timur Tengah bertanya-tanya apakah pangeran mahkota Saudi dengan diam-diam melakukan penawaran Mr Trump, mencoba untuk menarik bantuan orang Amerika, atau melepaskannya untuk memberi tekanan pada orang-orang Palestina atau untuk membuat suara penawaran akhirnya murah hati dengan perbandingan Atau mungkin Abbas, yang melemah secara politik di rumah, mengirimkan isyarat untuk tujuannya sendiri sehingga dia mendapat tekanan dari Riyadh.
Lanjutkan membaca cerita utama
Bahkan jika akun tersebut terbukti tidak lengkap, ia memperoleh mata uang dengan cukup banyak pemain di Timur Tengah untuk sangat waspada terhadap orang-orang Palestina dan menimbulkan kecurigaan tentang usaha Mr. Trump. Selain itu, para penasihat mengatakan bahwa presiden tersebut berencana untuk memberikan pidato pada hari Rabu di mana dia akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, meskipun kedua belah pihak mengklaimnya, sebuah pernyataan yang oleh para analis dan pejabat daerah dapat merongrong peran Amerika sebagai broker yang secara teoritis netral.
"Ada spekulasi dan dugaan terus-menerus tentang apa yang sedang kita kerjakan, dan laporan ini lebih sama," kata Joshua Raffel, juru bicara Gedung Putih. "Ini tidak mencerminkan keadaan rencana saat ini yang sedang kita jalani atau percakapan yang kita lakukan dengan pemain regional."

Foto
Jared Kushner, menantu Presiden Trump dan penasihat di Timur Tengah, berbicara tentang pendekatan administrasi ke wilayah tersebut di Forum Saban di Washington pada hari Minggu. KreditJames Lawler Duggan / Reuters

Duta Besar Saudi untuk Amerika Serikat, Pangeran Khalid bin Salman, mengatakan dalam sebuah email bahwa "Kerajaan tersebut tetap berkomitmen terhadap sebuah pemukiman berdasarkan prakarsa perdamaian Arab tahun 2002, termasuk Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara Palestina yang didasarkan pada perbatasan tahun 1967 . Mengatakan sebaliknya adalah salah. "
Mr Trump menugaskan usaha untuk mencapai apa yang dia sebut "kesepakatan akhir" kepada menantu laki-lakinya, Jared Kushner, dibantu oleh Jason Greenblatt, negosiator utamanya, dan ajudan lainnya. Setelah hampir satu tahun mendengarkan tur ke wilayah tersebut, mereka mengembangkan rencana yang komprehensif namun tetap membuat detail terbungkus.
"Kami tahu apa yang ada dalam rencana tersebut," kata Kushner dalam sebuah penampilan publik langka pada hari Minggu di Forum Saban, sebuah konferensi Timur Tengah di Washington yang diselenggarakan oleh Institusi Brookings. "Orang-orang Palestina tahu diskusi apa yang kita hadapi dengan mereka. Orang-orang Israel tahu diskusi apa yang kita hadapi dengan mereka. "
Pertemuan Pangeran Mohammed dengan Abbas terjadi kurang dari dua minggu setelah Pak Kushner mengunjungi pangeran di Riyadh untuk membahas rencana perdamaian tersebut.
Kata proposal telah mengguncang daerah yang sudah bergumul dengan banyak konflik, pejabat Arab yang menakjubkan dan pengamat Barat sama. Pejabat Palestina dari partai Fatah Abbas dan rivalnya, Hamas, mengatakan bahwa mereka telah menemukan rencana tersebut yang menghina dan tidak dapat diterima.
"Jika pimpinan Palestina menerima hal-hal di atas, orang-orang Palestina tidak akan membiarkan mereka tetap tinggal," kata Hassan Yousef, seorang pemimpin senior Hamas di Tepi Barat yang juga anggota legislatif Palestina.
Menambah kejutan bagi orang-orang Palestina, menurut pejabat Palestina dari Fatah dan Hamas, serta seorang pejabat senior Lebanon dan beberapa orang lainnya memberi penjelasan mengenai masalah ini, adalah klaim bahwa Pangeran Mohammed telah memberi tahu Abbas bahwa jika dia tidak mau menerima Istilahnya, dia akan ditekan untuk mengundurkan diri untuk memberi jalan pengganti yang akan melakukannya.
Beberapa pejabat mengatakan bahwa pangeran telah menawarkan untuk mempermanis kesepakatan tersebut dengan dukungan keuangan yang sangat meningkat kepada orang-orang Palestina, dan bahkan menggantungkan kemungkinan pembayaran langsung kepada Abbas, yang mereka katakan telah menolaknya.

Foto
Konstruksi di pemukiman Israel di Brushin di Tepi Barat. KreditTomas Munita untuk The New York Times

Pangeran Khalid, duta besar Saudi, mengatakan bahwa Arab Saudi sepenuhnya mendukung "kepemimpinan Palestina di bawah Presiden Abbas" dan "tidak dan tidak akan mencampuri urusan dalam negeri orang-orang Palestina."
Juru bicara Abbas, Nabil Abu Rudeineh, menolak laporan pertemuan Riyadh tersebut dan proposal Saudi sebagai "berita palsu" yang "tidak ada," dan mengatakan bahwa orang-orang Palestina masih menunggu proposal resmi dari Amerika Serikat.
Namun, poin utama dari proposal Saudi tersebut seperti yang diceritakan kepada Abbas dikonfirmasi oleh banyak orang yang memberi penjelasan mengenai diskusi antara Abbas dan Pangeran Mohammed, termasuk Yousef, pemimpin senior Hamas; beberapa pejabat Barat; seorang pejabat senior Fatah; seorang pejabat Palestina di Lebanon; seorang pejabat senior Lebanon; dan seorang politisi Lebanon, antara lain.
Ahmad Tibi, seorang anggota Palestina dari Parlemen Israel, menggambarkan serangkaian gagasan serupa yang dia katakan bahwa orang-orang Palestina telah menerima dari Amerika dan Israel: sebuah negara Palestina dengan hanya "kedaulatan moral" dan wilayah yang tidak bersebelahan dan tanpa Yerusalem Timur sebagai ibu kota; tidak ada evakuasi pemukiman Israel; dan tidak ada hak untuk kembali ke pengungsi Palestina.
Dan kabar tentang rencana tersebut telah mengkhawatirkan beberapa sekutu terdekat Amerika Serikat, yang menginginkan klarifikasi dari Gedung Putih.
Seorang penasihat Presiden Emmanuel Macron dari Perancis, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa pejabat Prancis telah mendengar sebuah versi dari beberapa proposal Saudi, yang terdengar sangat mirip dengan tawaran pembukaan Israel dan tidak dapat diterima oleh orang-orang Palestina.
Dia mengatakan bahwa Prancis telah memberi tahu Amerika bahwa jika mereka ingin memulai diskusi, mereka harus melanjutkan, namun harus diingat bahwa Prancis dan banyak negara lain juga memiliki kepentingan dan keprihatinan di wilayah tersebut.
Abbas khawatir dan terlihat kecewa dengan usulan tersebut, kata pejabat Fatah.
Yousef, dari Hamas, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ada kekhawatiran bahwa Abbas dan ajudannya tidak mengungkapkan dan mencela saran tersebut di depan umum.

Foto
Presiden Trump bertemu dengan Mahmoud Abbas di New York pada bulan September. KreditDoug Mills / The New York Times

"Selama mereka tetap diam mengenai hal ini, kami takut akan hal seperti ini," kata Yousef, menambahkan bahwa jika Abbas menerima tawaran apapun, maka "sangat penting" bahwa dia "mengatakan kepada orang-orang Palestina bahwa 'kami ditawari 1,2,3,4 dan kami menolak tawaran ini.' "
Meskipun proposal tersebut mungkin terdengar tidak masuk akal di wajah mereka, mereka sangat mengkhawatirkan pejabat Palestina dan Arab karena mereka hadir dalam konteks dinamika baru yang bergerak cepat di wilayah tersebut.
Pangeran Mohammed, 32, sangat dekat dengan Mr Kushner, 36, keduanya pemuda tanpa banyak pengalaman kebijakan luar negeri yang melihat diri mereka sebagai pembaharu kreatif yang dapat mematahkan pemikiran yang kurang baik di masa lalu.
Dan pangeran Saudi telah menjelaskan bahwa prioritas utamanya di wilayah ini bukanlah masalah Palestina-Israel, titik tumpu politik Arab selama beberapa generasi, namun menghadapi Iran.
Pejabat daerah dan analis mengatakan mereka yakin dia bersedia mencoba untuk memaksa sebuah pemukiman di Palestina untuk memperkuat kerja sama Israel melawan Iran.
Pejabat Barat dan daerah mengatakan bahwa tujuan utama Arab Saudi tampaknya adalah normalisasi hubungan dengan Israel, yang akan sulit jika perjuangan Palestina tetap menjadi penyebab regional. Arab Saudi saat ini tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel namun mereka telah dilaporkan secara luas telah melakukan kerjasama selama bertahun-tahun mengenai masalah keamanan.
Namun, beberapa upaya kebijakan luar negeri Pangeran Mohammed sejauh ini telah tergagap, yang mencerminkan apa yang dikatakan oleh banyak pejabat dan diplomat di wilayah tersebut adalah kurangnya pemahaman tentang dinamika regional dasar, atau kemauan untuk mengabaikannya.
Langkahnya untuk mengisolasi Qatar, sebagian karena terlalu dekat dengan Iran, jika ada yang memaksanya untuk lebih dekat dengan Iran. Bulan lalu, langkahnya untuk menekan perdana menteri Lebanon, Saad Hariri, untuk mengundurkan diri - untuk mengisolasi sekutu Iran Lebanon, Hizbullah - menjadi bumerang, meninggalkan Hariri masih di tempat dan bisa dibilang lebih kuat dari sebelumnya.

Foto
Putra Mahkota Mohammed bin Salman dari Arab Saudi di Riyadh pada bulan November. KreditFayez Nureldine / Agence France-Presse - Getty Images

Alarm mulai meledak di seluruh wilayah bulan lalu, ketika Abbas mulai melakukan panggilan telepon ke pemimpin politik di wilayah tersebut setelah dia meninggalkan Riyadh.
Seorang pejabat pemerintah Lebanon yang menerima telepon paling terkejut dengan apa yang dia katakan adalah sebuah sugesti Saudi bahwa orang-orang Palestina bisa memiliki Abu Dis, pinggiran kota Yerusalem Timur, sebagai ibu kota mereka.
Abu Dis dipisahkan dari kota oleh tembok yang dibangun sebagai bagian dari penghalang pemisahan Israel.
Pejabat Lebanon mengatakan bahwa tidak ada orang Arab yang bisa menerima permainan semacam itu, menambahkan bahwa tidak ada yang bisa mengusulkan hal itu kepada orang Palestina kecuali jika orang yang kurang berpengalaman mencoba untuk memuji keluarga presiden Amerika tersebut.
Seorang pejabat senior Lebanon dan seorang politikus Lebanon, keduanya memberikan penjelasan singkat mengenai diskusi tersebut, mengatakan bahwa Abbas diberi tahu bahwa dia memiliki waktu dua bulan untuk menerima kesepakatan tersebut atau dia akan dipaksa untuk mengundurkan diri.
Seorang pejabat Palestina di Libanon mengatakan satu ide yang melayang oleh orang Saudi adalah untuk memberi kompensasi kepada orang-orang Palestina atas hilangnya wilayah Tepi Barat dengan menambahkan wilayah ke Jalur Gaza dari Semenanjung Sinai di Mesir, sebuah gurun berbatu yang dilanda akhir-akhir ini oleh serangan jihad. Seorang pejabat Barat mengatakan bahwa Mesir telah menolak gagasan tersebut.
Namun berita pada hari Jumat bahwa Tuan Trump akan mengenali Yerusalem karena ibukota Israel menyarankan agar gagasan yang dulu dianggap melampaui pucat sekarang dipertimbangkan secara serius.
Mengakui sebuah ibukota Israel di sana, bahkan tanpa secara eksplisit menolak orang-orang Palestina, akan membatalkan konsensus selama beberapa dekade di antara pembuat perdamaian internasional bahwa setiap perubahan status Yerusalem harus datang sebagai bagian dari kesepakatan yang dinegosiasikan.
Pejabat Palestina telah mengatakan bahwa langkah tersebut akan mengancam kemungkinan solusi dua negara dan bahkan dapat memprovokasi sebuah pemberontakan baru Palestina.

Pada hari Minggu, Saeb Erekat, negosiator Palestina, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah tersebut akan menciptakan "anarki dan ketidakpedulian internasional terhadap institusi dan hukum global."
Dia mengatakan Amerika Serikat akan mendestabilisasi kawasan ini, mengecilkan hati pendukung solusi damai dan "mendiskualifikasi dirinya untuk memainkan peran apapun dalam setiap inisiatif untuk mencapai perdamaian yang adil dan abadi."

Sumber : The New York Times https://www.nytimes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...