Masyarakat tradisional Timur Tengah selalu menjadi terkenal karena keragaman etnis dan agama mereka. Namun saat ini, Timur Tengah berada di puncak perpecahan dalam garis etnis dan agama. Situasi ini telah membawa beberapa negara Muslim Arab ke jurang kehancuran, memprovokasi yang baru sulit untuk menyelesaikan konflik, dan terus merusak aspek sekuler nasionalisme Arab untuk kepentingan memperkuat komponen Islamnya, penggantian nasionalisme seperti halnya dengan ultra- ekstremisme agama dan separatisme etnis.
Sebuah tank tempur Irak M1A1M Abram yang dihancurkan oleh pasukan Peshmerga Kurdi selama ketegangan Arab-Kurdi yang baru-baru ini dipecat di Irak utara:
Kisaran konflik saat ini, yang berkisar pada perjuangan merebut kekuasaan dan wilayah, menunjukkan potensi destruktif mereka. Kesulitan dalam menyelesaikan konflik semacam itu adalah karena akarnya dalam sejarah, yang kemudian mempersulit pencarian perdamaian. Ada juga masalah lain yang tidak kalah pentingnya. Sebagian besar organisasi politik negara-negara Arab saat ini didasarkan pada prinsip nasionalisme. Inilah prinsip yang digunakan untuk membentuk negara-negara pasca-Ottoman. Sifat multi-agama dan multi-etnis mereka juga merupakan akibat dari perpindahan perbatasan yang agak sewenang-wenang selama masa penjajahan.
Evolusi Nasionalisme Arab
Menjelang akhir abad ke-30 dan awal '40-an abad ke- 20 , pengaruh Islam terhadap gerakan nasionalis Arab mulai tumbuh. Ini sebagian besar disebabkan oleh kekecewaan yang mendalam pada proporsi yang cukup besar dari elit Arab sekuler liberal dalam misi "peradaban" dari Timur yang sekuler dan tercerahkan. Akibat kebijakan Timur Tengah kekuatan Barat, orang Arab tidak dapat membangun satu negara pun. Tanah mereka dibagi sewenang-wenang antara Inggris Raya dan Prancis, negara-negara yang baru didirikan menjadi penjajah kolonial. Bersamaan dengan itu, kekuatan Barat secara aktif mendukung terciptanya nukleus Yahudi nasional di Palestina, yang hanya memperburuk situasi yang sudah tegang.
Setelah WW2, proses ini terus berlanjut, menerima ungkapannya dalam konsep urub, atau semangat kesadaran nasional Arab, untuk memperkuat hubungan antara nasionalisme Arab dan Islam. Perjuangan untuk pengembangan politik masa depan yang berkecamuk di negara-negara Arab pada 1950-an dan 1960-an dalam konteks pembentukan negara-negara merdeka dan masyarakat modern membawa kekuatan nasionalis sekuler Arab (Ba'athists, Naserites), yang berusaha mengejar pembangunan dengan menggunakan ide sosialis
Kendati demikian, kecenderungan Islamis dalam nasionalisme Arab tidak lenyap namun hanya surut. Bahkan pemimpin Arab paling progresif dan sekuler pun dipaksa untuk mencari legitimasi dalam kepatuhan terhadap Islam dan menghormati kepentingan bagian aktif aktif masyarakat ketika membentuk basis pendukung sendiri.
Kurangnya pemimpin mainstream karismatik dengan daya tarik regional yang mampu menawarkan model pembangunan sekuler pan-Arab yang menghormati kepentingan mayoritas Muslim Arab, hak dan keinginan minoritas nasional dan agama, dan menarik elit daerah dan massa yang luas, yang disebabkan Pemimpin Arab menemui masalah pada awal 21 stabad. Pemimpin yang telah lama melayani memperhatikan kontinuitas kursus politik mereka, untuk menjamin kepentingan mereka dipelihara. Pemimpin muda Arab mewarisi kekuasaan dari ayah mereka. Hal ini dicapai melalui kompromi intra-elit, tidak hanya mencapai kesepakatan bebas atau pilihan demokratis, melainkan melalui intrik yang cerdik dan taktik lengan-kuat yang digunakan untuk menetralisir kemungkinan persaingan. Oleh karena itu, para pemimpin muda dipaksa untuk sebagian besar khawatir membentuk tim pemerintahan mereka sendiri, menyeimbangkan antara berbagai pusat kekuasaan dan secara teratur membuktikan legitimasi mereka dan kemampuan untuk memerintah negara terhadap aktor domestik dan internasional.
Pada 1990-an dan awal 00-an, masalah ekonomi dan keinginan untuk menunjukkan kecenderungan pro-demokrasi membuat beberapa pemimpin Arab memperkuat legitimasi mereka melalui pemilihan. Tapi pemenang utama liberalisasi ini adalah gerakan politik Islam, yang kepatuhan terhadap norma demokrasi Barat meragukan.
Sebagai alternatif untuk transfer kekuatan turun-temurun, berbagai macam gerakan Islam moderat (misalnya, partai Islam An-Nahda Tunisia yang dipimpin oleh Rached Ghannouchi) memasuki keributan dengan tujuan untuk mendemokratisasikan Islam. Mereka menyerukan "negara Islam demokratis" di dalam perbatasan yang ada. Mereka juga memilih untuk menolak kekerasan sebagai alat perjuangan politik, mengutuk terorisme, mendukung prinsip pemilihan parlemen terbuka, mempertanyakan gagasan tentang keilahian otoritas, mendukung prosedur transisi kekuasaan yang demokratis, dan juga berbicara untuk memperluas peran perempuan di dalam masyarakat Islam tradisional sementara secara umum aktif mempromosikan HAM.
Tapi di sini para reformis Islam mengalami masalah. Ada dan terlalu sedikit pendukung Islam demokratis di masyarakat Arab yang sangat tradisional. Dan orang bisa dengan mudah mengatakan bahwa masyarakat tidak siap untuk mereka. Dapatkah seseorang melihat secara serius ideolog Islam moderat pelopor demokrasi di dunia Arab? Bisakah negara Islam yang demokratis memastikan pluralisme politik dan agama, yang merupakan salah satu aspek fundamental demokrasi? Bagaimana seseorang mendamaikan norma-norma Syariah dengan hak asasi manusia sesuai dengan cara mereka dipahami di Barat? Sejauh mana hak-hak perempuan dapat diperluas? Mereka tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, dan oleh karena itu keributan politik bergabung dengan pendukung fundamentalisme Islam yang meminta untuk kembali ke sumber-sumber Islam dan membangun masyarakat modern di yayasan ini.
Fundamentalisme Islam modern dibentuk sebagai reaksi terhadap ideologi sekuler seperti liberalisme, Marxisme, dan nasionalisme. Bagi kaum fundamentalis Muslim, sebuah negara Islam adalah negara ideologis, memperluas kewenangannya ke dalam setiap aspek kehidupan manusia. Ini akan mengendalikan interaksi sosial, politik, ekonomi, dan bahkan budaya. Kedaulatan di negara seperti itu milik Tuhan, yang secara praktis berarti hukum Syariah. Fundamentalis berbicara mendukung pemilihan demokratis bukan demi membangun demokrasi atau kebebasan individu, namun untuk menetapkan peraturan Islam. Dan ketika para teoretikus fundamentalis menyentuh pertanyaan tentang demokrasi, mereka tidak berbicara tentang kompatibilitas atau ketidakcocokannya dengan Islam,
Tapi bahkan di sini ada masalah. Prinsip "Islam murni" yang dianut oleh orang Wahhab dan Salafi paling sesuai dengan lingkungan pada awal Abad Pertengahan. Ketika seseorang harus mengatasi konflik kesukuan dan membangun negara terpusat. Asumsi kekuasaan di Mesir oleh Ikhwanul Muslimin tidak menyelesaikan masalah sosial, namun justru membuat mereka semakin buruk. Implementasi ISIS gagasan negara Islam di Irak dan Suriah menunjukkan betapa biadab penerapan norma-norma Islam dapat berada dalam konteks 21 stAbad. Satu-satunya contoh keberhasilan fungsi negara teokratis adalah Iran. Tapi di sini mayoritas penduduk adalah penganut Syi'ah Islam yang didasarkan pada prinsip vilayat al-fakih. Prinsip ini mengasumsikan bahwa kepemimpinan atas Syiah sampai batas tertentu terpusat dan sedang dilaksanakan oleh ulama Syiah yang berwibawa dan kompeten yang kewenangannya tidak diragukan lagi.
Dengan berkembangnya gagasan dan gerakan Islam, pertanyaan bagaimana (dan apakah) seseorang dapat mendamaikan nasionalisme sekuler Arab dengan Islam, untuk mengembangkan dasar bagi ideologi nasional yang baru, keuntungan yang penting. Atau mungkin tidak lebih baik menolak gagasan negara nasional Arab dengan kecenderungan Islam?
Mungkin sekarang inilah saatnya konsep berdasarkan prinsip nasional, agama, dan teritorial, yang dapat menemukan dasar sistem politik baru yang mampu menetralisir sisa-sisa abad pertengahan Islam yang sudah usang, menyatukan negara-negara yang perbatasannya digambar oleh kekuatan Barat tanpa mempertimbangkan lokal isu, memastikan keadilan di antara berbagai kelompok etnis dan agama, menstabilkan hubungan internasional di wilayah ini.
Salah satu gerakan semacam itu yang mungkin siap untuk memecahkan masalah yang disebutkan di atas adalah Partai Sosialis Nasional Suriah.
Sejarah dan Program Pesta
Gagasan tentang bangsa Suriah dalam batas-batas yang jelas bukan hal baru. Pada abad ke 19, pendukung negara Suriah termasuk Butrus al-Bustani, yang percaya bahwa sebuah negara Suriah yang bersatu harus membentuk sebuah otonomi di dalam Kekaisaran Ottoman yang memerlukan reformasi. Pengikutnya Henri Lammens, sebuah Arabist menonjol dari akhir 19 th -early 20 th abad, mengklaim bahwa Suriah Raya ada sudah di zaman kuno di Fertile Crescent. Setelah runtuhnya Kekaisaran Ottoman, pembentukan sebuah negara Arab menjadi sebuah kemungkinan yang sangat nyata. Namun intervensi oleh kekuatan Barat dalam urusan mantan pengikut Porte dan penggambaran Sykes-Picot bidang tanggung jawab mengakhiri rencana untuk menciptakan negara semacam itu.
Tapi gagasan itu tidak mati, dan pada tahun 1932 wartawan Lebanon dan Christian Antoun Saadeh menciptakan Partai Sosialis Nasional Suriah (SSNP). Ini didirikan sebagai organisasi anti-kolonial dan pembebasan. Saadeh menolak bahasa dan agama sebagai ciri khas negara baru tersebut, dan sebaliknya negara-negara yang digabung terbentuk melalui perkembangan bersama masyarakat yang mendiami wilayah geografis tertentu.
Negara bagian Suriah, seperti yang dibayangkan oleh pendiri partai, harus mencakup Bulan Sabit Subur dan wilayah Syria, Lebanon, Yordania, Palestina, Israel, Siprus, Sinai, tenggara Turki (Alexandretta dan Kilikia), bagian Zagros pegunungan di wilayah Lebanon, dan wilayah di utara Arab Saudi.
Menurut Saleh, "tujuan SSNP adalah kebangkitan kembali sosial Syria yang akan menyelesaikan penyatuan dan menghirup kehidupan ke negara Suriah, mengorganisir sebuah gerakan yang berusaha mendapatkan kemerdekaan penuh dari bangsa Suriah dan pertahanan kedaulatannya, menciptakan tatanan sosial baru untuk melindungi kepentingannya dan meningkatkan taraf hidupnya, berusaha membentuk Front Arab. "
Prinsip utamanya adalah pemisahan masjid dan negara, menjaga agar ulama tidak terlibat dalam proses politik dan hukum, menghilangkan hambatan agama, menghapus relung feodal dari kehidupan sosial, mengubah ekonomi agraria menjadi satu industri, perlindungan hak-hak pekerja, nasional dan negara kepentingan, dan pembentukan militer yang kuat dan efektif.
Ketika berhubungan dengan orang Yahudi, SSNP sangat anti-Zonist, karena Saadeh percaya bahwa orang-orang Yahudi tidak mampu dan tidak mau berasimilasi. Dia juga mengkritik pernyataan bahwa orang Yahudi bisa menjadi fondasi bagi sebuah negara nasional. Menurut orang Yahudi SSNP bukan bangsa karena mereka adalah campuran negara yang heterogen.
Lambang partai adalah angin puyuh (bahasa Arab "Zawba'a), yang menurut anggota partai merupakan perpaduan antara salib Kristen dan bulan suci Islam. Lengan senjata mewakili kebebasan, tugas, disiplin, kekuasaan. Latar belakang hitam mencerminkan masa lalu yang gelap sebagai bagian dari Kekaisaran Ottoman, kolonialisme, fragmentasi nasional dan religius, dan keterbelakangan.
Di sini orang membutuhkan peringatan untuk mengklarifikasi nama partai dan lambangnya. Tidak ada kesamaan antara itu dan NSDAP. SSNP terbentuk jauh sebelum NSDAP. Saadeh mengunjungi kekuatan Axis selama Perang Dunia ke-2 dan ditangkap oleh pemerintah kolonial Prancis, namun dibebaskan setelah mereka tidak dapat menemukan bukti kolaborasi, dan pemimpin Nazi mengatakan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan dia. Dia juga mendukung pemerintah kolonial Prancis atas peraturan Nazi.
Penciptaan Israel pada tahun 1948 dan kebijakan agresif militan yang dikejar dengan persetujuan Barat menimbulkan kekhawatiran di negara-negara Arab. Tindakan Israel disebabkan sebagai upaya untuk mencampuri urusan Arab dengan menggunakan tangan Yahudi, dan sekali lagi menggambar ulang perbatasan. Ketidakmampuan para pemimpin Arab menyebabkan kekalahan mereka dalam perang 1947-48. Saadeh mengkritik tindakan mereka, dan pada tahun 1949 SSNPR mencoba kudeta di Lebanon yang gagal. Akibat kolusi antara pemerintah Libanon dan Suriah, dan dengan dukungan intelijen Inggris yang aktif, Saadeh dieksekusi. Pesta itu didelegasikan. Sebelum dimulainya perang sipil, SSNP mencoba kudeta lain pada tahun 1961, bertempur melawan kaum nasionalis Arab. Perang saudara partai dipandang sebagai konsekuensi membagi bangsa Suriah menjadi negara bagian yang terpisah. Sampai akhir perang, SSNP bertempur bersama Hizbullah melawan penjajah Israel dan pendukung Lebanon mereka. Baru pada awal tahun 90an partai tersebut dilegalkan dan, mulai tahun 1992, ia berpartisipasi dalam pemilihan parlemen Lebanon.
Di Suriah sendiri, SSNP merupakan kekuatan yang signifikan sejak kemerdekaan. Tapi perselisihan ideologis dengan Partai Ba'ath yang berkuasa dan Partai Komunis Suriah menyebabkan SSNP meninggalkan arena politik Suriah.
Situasi saat ini
Pada musim semi tahun 2005, SSPN sebagian diundangkan di Suriah dan mengizinkan seorang pengamat di Front Progresif Nasional yang dipimpin oleh Ba'ath.
Partai tersebut memandang dimulainya demonstrasi anti-pemerintah sebagai upaya lain untuk mematahkan negara di sepanjang jalur etno-agama. Ini mengorganisir demonstrasi untuk mendukung pemerintah saat ini. Pada tanggal 26 Februari 2012 mayoritas orang Syria mendukung sebuah referendum yang mengubah konstitusi dengan menghapus Partai Ba'ath dari jabatan kekuatan politik terkemuka, menyamakan kedudukannya dengan pihak lain. Hal ini memungkinkan SSNP untuk berpartisipasi penuh dalam perjuangan politik. Antara bulan Maret 2012 dan Mei 2014 partai tersebut merupakan bagian dari Front Nasional Ba'ath untuk Perubahan dan Pembebasan. Namun pada bulan Mei pemimpinnya menyatakan bahwa SSNP akan meninggalkan front Nasional dan mendukung Bashar Assad dalam pemilihan presiden.
Pemimpin SSNP saat ini di Suriah adalah Ali Haidar, yang juga Menteri Rekonsiliasi Nasional di pemerintahan Suriah. Sekretaris partai tersebut adalah Joseph Sweid. Dia juga memiliki portofolio menteri. Di Lebanon, SSNP dipimpin oleh Ali Halil Qanso yang juga Menteri Negara Urusan Parlemen
Partai saat ini adalah kekuatan politik paling banyak di Suriah, setelah Ba'ath yang berkuasa, dengan lebih dari 100.000 anggota. Pada pemilihan 2012 partai tersebut memenangkan 4 dari 250 kursi di parlemen Suriah, pada 2009 pemilihan Lebanon memenangkan 2 kursi dari 128 partai.
Inilah yang dikatakan Ali Haidar dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Al-Mayadin mengenai perang sipil di Suriah. "Sepanjang perang, AS memimpin kampanye anti-Suriah dan berusaha menghancurkan keberadaan nasional Suriah dengan menggunakan kelompok teroris seperti ISIS dan an-Nusra. Serangan udara AS terhadap teroris ISIS di satu sisi, dan mensponsori dan melatih pejuang "oposisi" hanya dengan mengganti terorisme yang tidak terkendali dengan yang dikendalikan AS. "Dalam pandangannya, strategi regional AS tidak berubah. Mereka berusaha mengubah struktur politik Timur Tengah untuk menjamin keamanan Israel dan melegalkan keberadaannya. Mengenai rekonsiliasi, Haidar mengatakan bahwa ini bukan taktik politik tapi nasib semua orang Siria, hasil usaha pemerintah di tingkat nasional,
Formasi bersenjata dan peran mereka dalam perang Suriah
Pembentukan bersenjata SSNP adalah Nusur al-Zawba'a (Eagles of the Whirlwind). Ini terbentuk saat perang sipil Lebanon pada tahun 1974. Faktor pendorong utama untuk partisipasi anggota SSNP dalam perang adalah perang yang sedang berlangsung melawan Wahhabisme dan Israel yang mendukungnya, untuk mempertahankan Suriah multikultural dan multi-religius. Sejak 2014, Eagles of the Whirlwind dianggap sebagai kekuatan pro-pemerintah paling efektif, setelah SAA.
Kekuatan Eagles 'adalah eastimated di 6-8 ribu. Mereka beroperasi di provinsi Raqqa, Aleppo, Hama, Homs, Sweida, Deraa, Deir-ez-Zor, Idlib, Latakia, Jobar, Damaskus, Timur dan Barat Ghouta. Mereka dipersenjatai terutama dengan senjata ringan dan kendaraan lapis baja improvisasi. Hal ini karena mereka berperang terutama di daerah perkotaan, di mana diperlukan gerakan yang cepat, setiap rumah adalah benteng, dan tank adalah sasaran yang mudah dan lamban.
Elang berbeda dari formasi lain karena mereka tidak memiliki satu komandan. Setiap unit memiliki komandan sendiri dan masing-masing wilayah administratornya. Nama mereka tidak diketahui, hanya nama samaran mereka.
Pertarungan terberat yang dialami unit SSNP berlangsung di Latakia utara, di Salma, Ghamam, dan Deir Hanna. Wilayah ini sangat strategis karena berdekatan dengan Turki dan menyediakan jalur pasokan dan penguatan untuk sebuah-Nusra. Selain itu, mengendalikan daerah ini blok gerakan militan ke provinsi dan juga membuka rute untuk pasukan pemerintah ke Idlib.
Wilayah lain dimana Eagles aktif adalah dataran al-Ghab. Dataran ini membentang di sepanjang pesisir barat, dan berada di dekat ibukota provinsi Hama. Mengontrol dataran menciptakan zona penyangga yang penting untuk menjamin keamanan daerah pesisir. Di sebelah al-Ghab ada beberapa kota dengan populasi mayoritas Kristen, Mahardah dan al-Suqaylabiya. Mahardah, khususnya adalah lokasi pertempuran sengit sejak dimulainya perang. Sejak 2015, kelompok Islam melancarkan serangan di hampir setiap hari. Pendekatan ke kota secara nominal dipegang oleh SAA's 11 thDivisi. Tapi dalam 6 tahun perang, unit tersebut praktis tidak ada lagi. Divisi ini memiliki kurang dari 500 tentara dan perwira pada Maret-April 2017. SSNP mampu mengerahkan sekitar 1500 pejuang dari kalangan penduduk lokal, dan hanya kehadiran mereka yang memungkinkan SAA untuk memegang sektor penting ini.
Provinsi Homs termasuk kota Sadad yang sebagian besar Kristen, yang juga merupakan ujian bagi pejuang SSNP. An-Nusra pertama kali membawa Sadad pada bulan Oktober 2013. Menurut Human Rights Watch, 46 penghuni, termasuk 14 perempuan dan 2 anak-anak, dibunuh, beberapa mayat dijatuhkan ke dalam sumur, dan gereja-gereja dijarah. Setelah bentrokan intensif, SAA mengusir kelompok Islam dari Sadad pada 28 Oktober 2013.
Dua tahun kemudian, pada bulan Oktober-November 1015, ISIS muncul di pinggiran Sadad setelah menangkap Muheen di dekatnya. Kota ini dipertahankan oleh penduduk lokal, SAA, dan 500 pejuang Kristen. Mereka dibantu oleh 200 pejuang SSNP. Berjuang bersama, mereka bisa menghentikan kemajuan ISIS.
Kunjungan Sadad oleh Patriark Gereja Ortodoks Syria Mor Ignatius Aphrem Karim II merupakan peristiwa penting. Dia bertemu dengan para pejuang untuk meningkatkan semangat mereka dan ikut serta dalam upacara pemakaman. Pembelaan kota itu penting karena merupakan satu dari sedikit kota Suriah yang tersisa dengan populasi mayoritas Kristen, berperang melawan sejumlah besar jihadis.
Unit SSNP direkrut dari kalangan Kristen Ortodoks Lebanon dan Suriah. Awalnya, sebagian besar rekrutan berasal dari Lebanon, kemudian jumlah mereka menurun seiring jumlah orang Siria bertambah. Orang tidak boleh berpikir, bagaimanapun, Eagles hanya terdiri dari orang-orang Kristen. Muslim dan Kristen bertempur berdampingan. Ini terbukti dalam pertempuran Sadad, di mana unit SSNP menampung banyak relawan Muslim. Fakta ini masih merupakan bukti lebih banyak dari tingkat dukungan gagasan negara Suriah di kalangan penganutnya, dan SSNP tidak memisahkan diri dari garis agama.
Saat ini, karena serangan pemerintah berskala besar, unit Eagles menjaga ketertiban di kota-kota yang terbebas dari militan.
Masa depan partai dalam kehidupan politik Suriah
Untuk menentukan peran SSNP dalam kehidupan politik Suriah dan Timur Tengah, seseorang harus menghadapi beberapa pertanyaan yang sulit dijawab.
Aspek kuat SSNP. Demonstrasi musim semi 2011 disebabkan oleh faktor eksternal namun juga stagnasi politik internal. Pesta Ba'ath telah berkuasa sejak awal tahun 60an. Cepat atau lambat perang akan berakhir dan Suriah harus membuat pilihan - kekuatan politik apa yang akan memerintah negara ini? Islam sekuler dan radikal telah menunjukkan sifat sebenarnya, dan tidak ada kembali ke sana. Uni Soviet runtuh lebih dari 25 tahun yang lalu. Tanpa dukungannya, juga tidak ada masa depan untuk kembalinya partai sosialis di Timur Tengah. Oleh karena itu SSNP memiliki peluang bagus untuk mendapatkan kekuatan dan menunjukkan kemampuannya. Dengan standar Timur Tengah, SSNP adalah veteran politik. Ini memiliki program yang jelas, berikut ini. Ada ideologi maju dengan masa depan, yang penting bila tidak ada kekuatan politik lain yang bisa menawarkan sesuatu yang baru. Mencari dialog dengan partai yang berkuasa (Ba'ath in Syria) berarti bahwa dalam kondisi ekstrim SSNP tidak akan mencari konfrontasi dan siap untuk membantu mantan pesaingnya. Berpartisipasi dalam perang melawan terorisme Islam dan internasional, dalam akta dan bukan kata, memberi bobot dan dukungan rakyat yang besar kepada partai tersebut.
Aspek lemah. Sejak awal, partai tersebut telah berada di bawah tanah. Hal ini tercermin dari rendahnya tingkat partisipasi dalam kegiatan legislatif di Suriah dan Lebanon, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Selain kedua negara dan Yordania ini, dimana SSNP telah aktif sejak 2013, partai tersebut tidak memiliki kehadiran yang signifikan di tempat lain.
Demokratisasi politik di negara-negara pasca-kekaisaran, sekuler pertama dan kemudian religius, berarti pengalihan kekuasaan ke tangan mayoritas. Pertanyaan tentang agama atau minoritas nasional ditangani dengan cara yang berbeda oleh berbagai negara, namun, pada umumnya, pendekatan ini cenderung mengandalkan kekuatan. Beberapa negara harus beremigrasi, yang lain mengangkat senjata. Dengan kelemahan negara yang progresif dan dorongan otonomi yang hampir universal, seseorang dapat menarik kesimpulan bahwa wilayah tersebut melanjutkan proses kesukuannya. Mengatasi sisa-sisa klan dan sistem kesukuan dan keinginan minoritas untuk negara berdaulat sendiri akan sangat sulit bagi SSNP. Hal ini semakin diperumit oleh penganiayaan orang-orang Kristen dan eksodus massal mereka dari Lebanon di masa lalu dan Suriah sekarang. Tapi orang Kristen setempat paling menentang segala bentuk kekerasan, dan mewakili elit intelektual dan kewirausahaan. Mereka membuat partai menjadi seperti sekarang ini: siap berdialog, untuk menawarkan jalan pembangunan baru, untuk membela negara sendiri dengan kekuatan senjata.
Ada juga faktor eksternal yang menyelimuti masa depan SSNP. Bagaimana kekuatan regional, seperti Turki atau Israel, bereaksi terhadap kemunculan aktor baru, the Greater Syria? Akankah mereka membiarkannya muncul sama sekali? Akankah para pemimpin negara-negara di zona kepentingan SSNP rela melepaskan kekuasaan, kependudukan, dan wilayah sendiri?
Faktor internal dan eksternal membuat masa depan SSNP sangat tidak pasti. Gagasan untuk mendirikan sebuah negara berdasarkan aspek umum masyarakat yang menempati wilayah tersebut masih berada di depan zamannya. Tetapi bahkan jika SSNP gagal karena suatu alasan, ini akan merupakan langkah besar untuk menciptakan negara Arab model baru.
Kesimpulan
Nasionalisme tak terbatas sebagai fondasi sistem negara telah memicu kecenderungan anarki dan oleh karena itu tidak dapat lagi digunakan sebagai sarana organisasi politik yang efektif dan menjaga stabilitas masyarakat. Pemimpin Arab yang selamat dari Musim Semi Arab merasa sulit untuk memastikan legitimasi, stabilitas internal, dan hubungan baik dengan tetangga yang lebih kuat. Beberapa telah meninggalkan panggung dengan damai. Beberapa terpaksa dihapus. Yang lainnya berjuang untuk tetap berkuasa. Perang, kudeta, kerusuhan massal, dan arus keluar pengungsi mendorong kecenderungan menuju anarki dan tidak hanya mengancam Timur Tengah tapi juga seluruh dunia. Sejarah negara-negara Timur Tengah baru-baru ini memuat banyak contoh perjuangan antara dan penyerbukan silang antara arus religius agama (Pancasila, Modernisme Islam) dan arus sekuler (Pan-Arabisme, Arab Nasionalisme). Kecenderungan untuk memperpanjang tertentu menentukan evolusi pemikiran politik Arab dan membantu, sampai pada titik tertentu, menyesuaikan gagasan yang dipinjam dari Barat. Tapi seperti disebutkan di atas, mereka tidak dapat mencegah rekahan Timur Tengah dan mengatasi konflik di antara kelompok etnis dan agama. Keretakan ini diperburuk oleh sifat sewenang-wenang dari perbatasan negara-negara yang memenuhi syarat sebagai Arab. Negara-negara ini mengendalikan wilayah yang mereka lakukan sebagian besar karena tekanan eksternal yang kuat, dan bukan sebagai hasil proses internal. Artinya sistem saat ini menderita bom sekering-delay yang ditanam di bawahnya. Mungkin sekarang adalah saatnya untuk menerapkan gagasan politik baru dan untuk membangun sebuah negara berdasarkan rasa historis masyarakat di antara orang-orang yang tinggal di wilayah tertentu, terlepas dari bahasa, agama, atau kewarganegaraan mereka.
Sumber : https://southfront.org/saker-2018-war-no-war/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...