Minggu, 31 Desember 2017

ANALISIS TREND MILITER DAN POLITIK 2018




Jika Anda bisa, dan jika Anda menyukai konten dan pendekatan kami, tolong dukung proyek ini. Pekerjaan kami tidak akan mungkin dilakukan  tanpa bantuan Anda: PayPal:  southfront@list.ru  atau via:  http://southfront.org/donate/ atau via:  https://www.patreon.com/southfront , BTC: 13iYp9CDYZwgSnFXNtpEKgRRqaoxHPr2MH, BCH: 1NE49pQW8yCegnFCMvKuhLUnuxvTnxNUhf,  ETH: 0x962b312a9d41620f9aa0d286f9d7f8b1769bfae6 
2017 menghadirkan dunia dengan sejumlah krisis, di antaranya adalah perang lanjutan di Tengah Kemudahan dan penyebaran terorisme, krisis kemanusiaan di Afrika dan Asia, meningkatnya tekanan militer terhadap program rudal dan nuklir Korea Utara, dan militerisasi baik Laut Cina Selatan maupun Eropa Timur. Sepanjang tahun lalu, kekuatan regional dan global telah berulang kali berada di ambang konflik militer terbuka, yang mana masih dapat menyebabkan perang regional yang besar.
Di Timur Tengah perang melawan ISIS, kesepakatan nuklir Iran, krisis di Lebanon, dan ketegangan Israel-Arab berada di tengah panggung.
Pada akhir tahun, khalifah yang diproklamirkan sendiri dari ISIS telah runtuh sepenuhnya di Suriah dan Irak. Berkat usaha aliansi antara Suriah, Iran, Rusia, dan Hizbullah, bersama dengan pasukan Irak dan koalisi pimpinan AS, kelompok ini diusir dari hampir semua wilayah yang diadakan di kedua negara. ISIS telah kehilangan kendali atas lokasi strategis seperti Mosul, al-Qaim, Raqqah, al-Tabqah, Deir Ezzor, al-Mayadin, al-Bukamal, seperti-Sukhna, Deir Hafer, Maskanah, dan al-Resafa.

ISIS, dalam bentuk negara teroris, tidak ada lagi. Namun, ini tidak berarti bahwa Suriah dan Irak akan segera menghadapi ketenangan. Masih banyak sel ISIS yang tidur dan mantan pendukung ISIS di negara-negara ini, sebuah cabang al-Qaeda Suriah (sekarang dikenal sebagai Hayat Tahrir al-Sham) mengendalikan Idlib, dan ketegangan Kurdi-Arab membara di Suriah utara dan Irak. Isu-isu ini tidak dapat diabaikan dan akan menjadi bagian penting dari kebuntuan pasca-ISIS di wilayah ini.
Kini, Rusia, AS, Turki, Iran dan Suriah meningkatkan aktivitas diplomatik mereka untuk menemukan jalan, yang memungkinkan usaha memulai pembangunan penyelesaian politik akhir krisis. Mereka semua memiliki batasan objektif untuk pengaruhnya terhadap tanah dan beberapa tujuan yang bertentangan. Ini mempersulit situasi, terutama di tengah kurangnya visi strategis dari AS yang, menurut para ahli Amerika sekalipun, tidak memiliki strategi jangka panjang untuk Suriah. Para elit AS dan rekan-rekan mereka di Israel dan Saudi sangat tidak puas dengan posisi kuat Hizbullah dan Iran.
Setelah kekalahan ISIS, blok pimpinan AS mulai mencoba menggunakan daerah-daerah di Suriah yang dipegang oleh Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS untuk membatasi pengaruh pemerintah Damaskus dan sekutu Iran dan Rusia-nya.
Titik nyala lain dalam konflik ini terletak di provinsi Idlib, sekarang sebagian besar dikuasai oleh Hayat Tahrir al-Sham. Dalam kerangka kesepakatan yang dicapai oleh Suriah, Iran, Rusia, dan Turki dalam format Astana, zona de-eskalasi sekarang harus didirikan di daerah ini. Namun, ini hampir tidak mungkin sementara Hayat Tahrir al-Sham tetap menjadi powerbroker utama di lokasi ini.
Terlepas dari kekalahan ISIS dan penarikan sebagian pasukan Rusia, Suriah akan tetap menjadi medan pertempuran dalam kebuntuan militer dan geo-politik regional ini pada tahun 2018. Secara militer, aliansi Iran-Rusia-Suriah akan terus memfokuskan upayanya untuk mengurangi pengaruh Hayat Tahrir al-Sham di provinsi Iblib. Upaya ini akan mencakup peluncuran serangkaian operasi militer terbatas melawan Hayat Tahrir al-Sham, dan selanjutnya mengembangkan upaya pemberontakan melawan ISIS. Pada tahap diplomasi, berbagai sisi akan terus berupaya mengembangkan solusi politik untuk krisis.
Sementara itu, Amerika Serikat menemukan dirinya dalam situasi yang rumit: di satu sisi, ia tidak dapat secara resmi menerima pemerintahan Assad sebagai peserta dalam negosiasi, sementara di sisi lain AS memiliki pengaruh yang kurang untuk mempengaruhi situasi. Dengan demikian, Gedung Putih akan berusaha meningkatkan upayanya untuk membagi Suriah dengan mendukung tujuan separatis dari Pasukan Demokratik Suriah yang didominasi Kurdi (SDF), serta kelompok 'oposisi' bersenjata di wilayah tersebut.
Tujuan dari strategi semacam itu adalah membangun entitas independen 'de facto' di Suriah. Selain itu, AS bisa melakukan percobaan langsung atau proxy untuk membunuh Assad dan lingkaran dalamnya.
Iran kemungkinan akan memperkuat pengaruhnya di Irak setelah membangun rute darat yang menghubungkan Teheran, Baghdad, Damaskus, dan Beirut. Inilah yang disebut 'Syiah Crescent' akan menjadi kenyataan meski mendapat tentangan keras dari Israel dan sekutu-sekutunya. Saksikan Washington untuk memainkan kartu Kurdi untuk melawan pengaruh Iran yang berkembang baik di Irak maupun Suriah.
Selain itu, AS juga dapat mencoba untuk membagi jajaran Unit Mobilisasi Populer dengan memisahkan kelompok individu dari organisasi yang lebih besar. Tindakan semacam itu bisa dilakukan dengan menggunakan suap massal, seperti yang dilakukan dengan beberapa jenderal Angkatan Bersenjata Irak selama Perang Irak.
Kemenangan militer atas ISIS di Suriah secara dramatis meningkatkan ketegangan antara Israel dan pasukan Hizbullah yang didukung oleh Iran.
Saat ini, kepemimpinan politik utama Israel dalam keadaan histeria secara langsung mengenai gerakan Lebanon. Pejabat senior Israel berulang kali mengklaim bahwa Israel tidak akan mengizinkan Hizbullah dan Iran untuk memusatkan pasukannya di daerah perbatasan dan untuk memperluas pengaruhnya di wilayah tersebut, terutama di Suriah dan Lebanon.
Situasi yang sudah sulit di Lebanon selatan dan Suriah semakin diperumit oleh serangkaian peristiwa, yang berkontribusi pada meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut pada bulan November dan awal Desember. Ini dimulai dengan pengunduran diri Perdana Menteri Lebanon Saad al-Hariri yang diumumkan dari Arab Saudi pada tanggal 7 November, melanjutkan tuduhan tuduhan agresi militer Saudi melalui pasokan rudal ke Yaman melawan Iran dan naik ke tingkat yang baru pada tanggal 6 Desember ketika Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel yang memicu eskalasi lebih lanjut. Beberapa ahli juga mengatakan Israel, Arab Saudi dan AS berkonspirasi untuk memulai perang baru di wilayah tersebut. Dalam rangkaian ini, serangkaian latihan militer, termasuk yang terbesar yaitu "Terang Dagan", digambarkan sebagai bagian dari persiapan untuk agresi bersenjata melawan Lebanon.
Perkembangan terakhir di Timur Tengah, termasuk berakhirnya konflik di Suriah dan meningkatnya pengaruh dan kemampuan militer Hizbullah, telah mengubah situasi politik di Lebanon. Unit Hizbullah secara de facto memenuhi fungsi pengawal presiden. Pelayanan khusus Lebanon dan pelayanan khusus Hizbullah sangat terintegrasi. Kemenangan Hizbullah di Suriah dan kegiatan kemanusiaan di Lebanon meningkatkan popularitas gerakan tersebut di kalangan masyarakat.
Tel Aviv percaya bahwa pengaruh Hizbullah dan Iran di Timur Tengah, khususnya di Suriah dan Lebanon, merupakan tantangan penting bagi keamanan nasionalnya. Isu utamanya adalah bahwa para analis militer Israel memahami bahwa Hizbullah sekarang jauh lebih kuat daripada pada tahun 2006. Sekarang, Hizbullah adalah sebuah organisasi militer yang kuat dan berpengalaman, puluhan ribu tentara yang kuat, yang memiliki kekuatan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menentang sebuah kemungkinan invasi darat Israel di Lebanon.
Iran juga telah memperkuat posisinya di kawasan ini dalam sepuluh tahun terakhir. Ini telah memperkuat pertahanan udaranya dengan sistem S-300 buatan Rusia, memperkuat angkatan bersenjatanya dan mendapat pengalaman tempur di Suriah dan konflik lokal lainnya. Teheran juga memperkuat posisi ideologisnya di kalangan Syiah dan bahkan populasi Sunni yang tinggal di wilayah tersebut.
Mengingat keadaan ini, pendapat ahli awal menunjukkan bahwa Israel akan memutuskan untuk berpartisipasi dalam konflik skala besar di Lebanon hanya dalam kasus beberapa peristiwa luar biasa. Namun, ketegangan Arab-Israel yang semakin meningkat dan hubungan Israel-Hizbullah yang menegangkan ini membuat kejadian luar biasa ini semakin dekat.
Meskipun demikian, Israel akan melanjutkan tindakan agresi lokal yang melakukan serangan artileri dan udara terhadap posisi dan infrastruktur Hizbullah di Suriah dan mungkin di Lebanon. Pasukan khusus Israel akan melakukan operasi yang bertujuan untuk menyingkirkan anggota Hizbullah atas dan menghancurkan infrastruktur gerakan tersebut di Libanon dan Suriah. Arab Saudi kemungkinan akan mendukung tindakan Israel ini. Sudah diketahui secara luas bahwa Riyadh lebih suka menggunakan proxy dan terlibat dalam perang klandestin.
Semua ini terjadi di tengah krisis yang berkembang di Arab Saudi di mana Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah meluncurkan pembersihan berskala besar di antara pejabat tinggi, pelaku bisnis berpengaruh dan pangeran dengan dalih memberantas korupsi. Menurut para ahli, langkah tersebut bertujuan untuk mengkonsolidasikan kekuatan putra mahkota dan ayahnya, Raja Salman. Secara umum, kerajaan berusaha mengalihkan vektor pembangunannya dan menjadi negara yang lebih sekuler. Dalam 5-10 tahun, bahkan bisa meninggalkan Wahhabisme sebagai ideologi resmi. Pada saat yang sama, Arab Saudi terlibat dalam konflik yang tidak berhasil di Yaman dan krisis diplomatik dengan Qatar. Situasi ini memicu ketegangan dan persaingan untuk mendapatkan sumber daya di antara klan Saudi. Akibatnya, rezim Saudi dan negara Saudi pada umumnya, sekarang berada dalam posisi lemah.
Inilah alasan utama mengapa Arab Saudi lebih memilih untuk menghindari partisipasi terbuka dalam konflik baru. Selain itu, selalu ada kemungkinan, bahwa misalnya konflik di Lebanon, tindakan tempur utama dapat dipindahkan ke wilayah Saudi.
Rusia dan Iran juga tidak tertarik dengan "perang baru besar" ini juga karena seperti konflik di Timur Tengah akan menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan nasional mereka.
Selama tahun yang akan datang, kita dapat berharap untuk melihat Israel dan Arab Saudi melanjutkan usaha diplomatik dan militer mereka untuk mencegah Iran dan Hizbullah.
Riyadh akan melanjutkan upayanya untuk mengubah Yaman menjadi negara boneka, namun tidak seperti mencapai kesuksesan yang menonjol, meninggalkan Houthi dan persenjataan rudal mereka sebagai ancaman konstan ke Arab Saudi.
Israel dan Arab Saudi juga akan melanjutkan pembangunan koalisi anti-Iran yang luas, dengan dukungan pemerintah Trump, sementara pasukan Israel akan terus melakukan operasi militer terbatas mereka melawan sasaran Hizbullah di Suriah dan Lebanon. Secara umum kemungkinan konflik regional baru akan tetap tinggi.
Di lingkungan yang sudah tidak stabil ini, kebijakan AS saat ini tetap menjadi salah satu faktor destabilisasi utama di kawasan ini. Pengakuan baru-baru ini AS terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel, serta permusuhan terhadap kesepakatan nuklir Iran terus memicu ketegangan antara blok Israel-Saudi dan Iran-Hizbullah.
Pemerintahan AS saat ini terus berlanjut dengan kebijakan pro-Israel dan anti-Iran Amerika yang konsisten di kawasan ini, yang memberi inspirasi bagi Israel dan Arab Saudi untuk merangkul lebih banyak kebijakan aktif.
Sebagai hasil dari dukungan AS yang terus meningkat ini, militer Israel siap untuk menerapkan respons militer aktif terhadap tindakan yang diambil oleh Hamas, Hizbullah, atau pemain regional lainnya yang dianggap Israel sebagai ancaman terhadap berbagai kepentingan nasionalnya.
Sementara kemungkinan rendahnya administrasi Trump untuk membatalkan kesepakatan nuklir Iran, fakta bahwa usaha semacam itu terus berlanjut tidak memberi kontribusi pada perdamaian di wilayah ini. Faktanya tetap bahwa Washington memicu perang dingin yang baru dan bahkan mungkin sebuah perang panas potensial di Timur Tengah.
Kita mungkin berharap bahwa selama tahun depan Iran akan terus meningkatkan pengaruhnya di wilayah tersebut dengan menggunakan perang di Yaman, dan posisi yang diperkuat di Suriah, Irak, dan Lebanon untuk melawan lawan-lawannya. Selain upaya militernya di lapangan, fokus strategis utama Teheran kemungkinan akan menjadi perkembangan hubungan militer dan ekonomi dengan China dan Rusia. Selama tahun 2018 kita mungkin juga mengharapkan bahwa Iran akan memberikan perhatian khusus pada modernisasi dan reformasi angkatan bersenjatanya.
Di Mesir, situasi keamanan tetap rumit, terutama di Sinai Utara. Setelah kekalahan ISIS di Suriah dan Irak, sisa-sisa kelompok teroris telah menyebar ke seluruh wilayah tersebut dengan sejumlah dari mereka tiba di semenanjung tersebut. Sementara Angkatan Darat dan pasukan keamanan Mesir telah melakukan sejumlah operasi untuk membasmi sel-sel teroris di wilayah tersebut, aktivitas militan tetap tinggi di sana, sebagian didorong oleh perdagangan ke Gaza.
Selain sisa-sisa ISIS di Sinai Utara, Mesir menghadapi tantangan terus-menerus di sepanjang perbatasannya dengan Libya. Setelah intervensi NATO di negara tersebut pada tahun 2011, pemerintah Libya dan struktur sosial semuanya hancur, dengan beberapa faksi saling bertempur untuk mengendalikan bisnis perdagangan dan minyak.
Hubungan yang berkembang pesat antara Rusia dan Mesir telah dibayangi oleh hubungan yang lebih menonjol antara Rusia dan Suriah, serta Rusia dan Iran. Meskipun demikian, hubungan Rusia-Mesir pantas mendapat perhatian lebih ketat karena, tidak seperti hubungan negara-negara dengan dua kekuatan Timur Tengah lainnya, namun menyangkut sebuah negara yang sampai saat ini tampaknya berada di orbit Barat. Pergeseran tiba-tiba vektor geopolitiknya ke arah Eurasia oleh karena itu merupakan perubahan yang jauh lebih besar untuk wilayah tersebut daripada dukungan sukses Rusia dari pemerintah Suriah yang sah, atau hubungan dekat dengan Republik Islam Iran, yang keduanya berada di daftar "musuh barat" " selama beberapa dekade. Alasan untuk pergeseran ini ada dua,
Peristiwa ini telah menyebabkan penguatan hubungan ekonomi dan kerjasama militer antara kedua belah pihak. Negosiasi terakhir untuk membangun pabrik nuklir pertama di Mesir, dan juga yang memungkinkan penggunaan ruang dan basis militer Rusia dan Mesir satu sama lain mungkin merupakan contoh kerja sama yang paling nyata.
Dengan rumor baru-baru ini tentang Rusia mendirikan sebuah pangkalan militer di pantai Laut Merah, di Sudan, mudah untuk menyimpulkan bahwa Moskow telah menjadi kekuatan yang berpengaruh di kawasan ini, dengan beberapa negara sekarang menganggap Rusia sebagai alternatif yang menarik bagi AS. Dengan penolakan kerja sama langsung dengan Moskow, Washington telah melemahkan posisinya di kawasan ini.
Di tahun yang akan datang Mesir dan kekuatan regional lainnya akan bergerak lebih jauh menuju diversifikasi mitra kebijakan luar negeri mereka, dengan elit daerah menyadari bahwa dunia telah menjadi lebih multipolar dan ancaman dan tantangan telah membentuk bentuk baru dan kompleksitas yang lebih besar.
Karena situasi yang berkembang pesat di wilayah ini dan usaha kudeta militer yang gagal pada bulan Juli, Turki Erdogan telah menjadi sekutu yang enggan dari aliansi Suriah-Rusia-Iran dalam perang Suriah. Contohnya, seperti keberhasilan perundingan Astana mengenai Suriah, kesepakatan S-400 Rusia-Turki, dan kerja sama Turki-Iran-Irak untuk melawan pembentukan negara Kurdi yang independen di Irak utara oleh etnik Pemerintah Daerah Kurdistan ini berubah lanskap geo-politik.
Selama tahun 2018, Turki akan tetap menjadi pemain kunci dalam krisis Suriah yang sedang berlangsung, dan sekutu (jika ada yang enggan) dari aliansi Iran-Rusia-Suriah di wilayah tersebut. Ankara memiliki beberapa pilihan tersisa selain mengembangkan koordinasi dengan blok ini.
Kebijakan luar negeri AS saat ini menuju Suriah utara dan Irak terus terang tidak koheren, dengan Turki (menjadi anggota NATO dan mitra AS paling kuat di Mediterania Timur), tidak lagi menganggap AS sebagai sekutu yang andal dalam perencanaan strategisnya.
Krisis diplomatik atas Qatar, yang dimulai pada bulan Juni setelah Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan menjatuhkan sanksi kepada negara tersebut merupakan perkembangan lain yang menyebabkan keseimbangan kekuasaan saat ini di wilayah tersebut.
Krisis ini merupakan konflik paling parah di antara negara-negara Teluk Arab sejak berakhirnya Perang Dingin. Sementara anggota OPEC yang kaya minyak dan otonom ini secara historis berada di sekutu paling nyaman yang disatukan oleh ketakutan bersama (Uni Soviet, Saddam Hussein, Iran, dll.), Ketidakpercayaan mereka secara bersama tidak pernah meningkat sampai pada titik menuntut apa yang berjumlah penyerahan sepenuhnya oleh salah satu anggotanya.
Namun, upaya yang dipimpin Saudi baru-baru ini untuk memaksa Qatar mematuhi kepentingan Saudi di kawasan tersebut telah mendorong Doha ke pelukan Turki, Iran, dan Rusia.
Pada 2018, tujuan utama Qatar adalah menormalisasi hubungan dengan blok yang dipimpin Saudi sementara secara bersamaan menghindari dipaksa membuat konsesi yang signifikan terhadap anggota blok ini. Kerja sama Qatari dengan Turki, Iran, dan Rusia akan menjadi kartu yang berguna untuk dimainkan dalam kasus ini. Elit Qatar juga dapat mencari peluang untuk mempengaruhi hubungan internal di kalangan elit Saudi.
Sepanjang 2017, hubungan diplomatik AS-Rusia terus memburuk dengan kedua belah pihak dengan menggunakan retorika yang semakin menyebalkan dan menerapkan berbagai tindakan terhadap satu sama lain. Harapan dan harapan awal bahwa pemilihan Donald Trump ke kursi kepresidenan akan menyebabkan détente antara kedua kekuatan tersebut dengan cepat pupus.
Pemerintahan Trump mengorbankan janjinya untuk menormalkan hubungan dengan Moskow, dan untuk bekerja sama secara lebih penuh dalam aksi kontra-terorisme dalam upaya untuk mendapatkan pelunakan sementara tekanan yang dipaksakan oleh lawan politik domestiknya sendiri. Sayangnya, usaha untuk menenangkan oposisi internal ini tidak menghasilkan apa-apa bagi Trump dan pemerintahannya, dan hanya berhasil meningkatkan media dan perselisihan diplomatik yang terus berlanjut dengan Rusia.
Oposisi internal ini, yang beberapa orang anggap sebagai Negara Bagian Amerika, sedikit peduli dengan maksud sejati Trump dan pendukungnya, dan terus terus bermain dengan apa yang disebut 'Kartu Rusia' sebagai alat untuk membatasi kebebasan bertindak lebih jauh. presiden baru AS
Masyarakat AS telah terpolarisasi lebih lanjut oleh divisi ras, etnis, dan politik dan pihak yang berkepentingan tidak mungkin menyelesaikan konflik ini melalui negosiasi.
Pembagian ras dan budaya, selalu hadir di masyarakat Amerika, semakin diradang oleh upaya kamp Clinton yang liberal untuk menciptakan perselisihan dengan memainkan kartu ras dan mengutuk para pemimpin Konfederasi Serikat. Pada saat yang sama, sebagian besar masyarakat Amerika telah kecewa dengan kebijakan domestik dan luar negeri Trump, dan telah kecewa dengan ketidakmampuannya untuk mengatasi perlawanan dari Deep State.
Pada tahun 2018 kita dapat mengharapkan untuk melihat kemerosotan lebih lanjut dalam hubungan antara AS dan Rusia, dengan kedua belah pihak tetap terlibat dalam sejumlah krisis di seluruh dunia. Kekalahan ISIS akan menambah kebuntuan geo-politik di Timur Tengah, sementara di Ukraina kedua negara akan mendukung pihak lawan, dengan sedikit peluang untuk menemukan landasan bersama. Faktor penting lain yang akan membuat penampilannya di tahun depan adalah pemilihan presiden 2018 Rusia dan niat kuat elit AS untuk campur tangan dalam kebijakan internal Rusia, dengan risiko mendorong sebuah Perang Dingin baru melewati ambang batas.
Situasi Amerika Latin tetap tidak stabil dan rumit, dengan Venezuela tetap sebagai pusat ketidakpastian. Pada 2018, presiden Venezuela akan berjuang untuk mempertahankan kekuasaan di tengah kekacauan terus di negaranya.
Proses yang tidak menentu juga terlihat di Rusia, yang menghadapi masalah ekonomi yang terus berlanjut yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan sanksi yang dikenakan di Barat. Elit tenaga Rusia, yang bersekutu dengan kekuatan asing, mendapat manfaat dari situasi ini, dan telah memperkuat pengaruhnya. Umumnya, negara Rusia telah menunjukkan tingkat keefektifan ekonomi yang relatif rendah, sebagian dikompensasi oleh keberhasilan kebijakan luar negerinya. Faktor-faktor ini dapat dan akan mempersulit situasi politik internal Rusia dalam pemilihan presiden 2018 mendatang.
Ukraina masih tetap menjadi titik kunci flash di Eropa. Pemerintah Kiev, yang sangat dipengaruhi oleh berbagai kelompok radikal, tidak mungkin mematuhi persyaratan kesepakatan Minsk, karena memandang Minsk sebagai penyerahan diri. Tokoh politik Ukraina yang terkenal secara umum mengakui bahwa kesepakatan ini adalah sebuah tipuan, yang dimaksudkan hanya untuk membeli waktu guna mempersiapkan solusi militer bagi krisis ini di bagian timur negara tersebut.
Kepemimpinan Donetsk dan Republik Rakyat jelas memahami hal ini, dan telah memperkuat ikatan mereka dengan Rusia untuk mencegah upaya masa depan oleh pemerintah Kiev untuk mengintegrasikan kembali wilayah ini.
Rezim di Kiev tetap berada dalam situasi politik dan ekonomi yang sangat rumit, namun telah ditinggalkan oleh penangan AS dan UE. Dalam upaya untuk mempertahankan kontrol atas negara mereka, pemerintah Ukraina saat ini kemungkinan akan mencoba untuk meningkatkan situasi di Donbass dalam upaya untuk mendapatkan dukungan ekonomi, politik, dan bahkan bahkan militer dari Barat.
Sementara itu, Washington dan Brussels mempertimbangkan alternatif untuk Presiden Poroshenko dan pemerintahannya, salah satunya adalah Mikhail Saakashvili, mantan presiden Georgia yang dipermalukan. Pada saat ini, peluang Saakashvili untuk memperoleh kekuasaan pada 2018 tetap tinggi. Jika dia memperoleh kekuasaan, kemungkinan besar dia akan berusaha memperbaiki kebijakan internal dan ekonomi Ukraina untuk memperkuat negara dan untuk mendapatkan dukungan Barat tambahan.
Sangat diragukan bahwa Saakashvili dapat melanjutkan usaha ini untuk menstabilkan negara ini dalam waktu lama, karena kepribadiannya yang tidak menentu. Setelah dia menyadari potensi militer dan ekonomi yang masih dimiliki oleh negara ini, dia kemungkinan akan mencoba operasi militer melawan republik yang diproklamirkan sendiri di Ukraina timur dan pasukan militer Rusia di Krimea, seperti yang dia lakukan di Georgia pada tahun 2008. Langkah seperti itu kemungkinan akan menimbulkan konflik regional yang besar di tahun 2019.
Di Uni Eropa, kita dapat mengamati terus menurunnya institusi birokrasi Eropa. Krisis seperti yang kita lihat di Catalonia, dan juga ketidakmampuan kepemimpinan Eropa untuk berhasil mengatasi arus migrasi dari Afrika Utara dan Timur Tengah merupakan tanda-tanda yang jelas akan peluruhan yang terus berlanjut ini. Dalam upaya untuk mengendalikan masalah ini, Uni Eropa telah mengintensifkan upaya untuk mengembangkan sistem keamanan bersama dan meletakkan dasar bagi pembentukan tentara Eropa. Upaya ini, bagaimanapun, bisa datang terlambat.
Jika Uni Eropa tidak dapat menemukan cara untuk mengkonsolidasikan negara anggotanya pada tahun 2018, kita dapat berharap untuk menyaksikan fragmentasi lebih lanjut di masa depan.
Di Asia Tengah dan Tenggara, masalah keamanan utama terus menjadi militansi dan penyebaran terorisme. AS dan mitra NATO tetap tidak dapat menangani Taliban di Afghanistan - beberapa ahli percaya bahwa Taliban secara perlahan mencapai tingkat pengaruh di wilayah tersebut yang dapat menyebabkan pengakuannya sebagai partai yang berhak dalam perundingan yang melibatkan pimpinan AS. blok. Saat ini, di beberapa bagian negara, Taliban bahkan melakukan operasi melawan ISIS untuk mencegah kelompok ini menyebar lebih jauh.
Ketidakstabilan historis yang terlihat di perbatasan Pakistan-India dan India-China telah lama menjadi faktor yang berkontribusi terhadap ketidakstabilan umum di kawasan ini. Namun, semua pihak telah berhasil sejauh ini dalam menghindari konflik militer terbuka.
Di Filipina, sebuah upaya oleh ISIS untuk menetapkan peraturannya di pulau Mindanao dikalahkan oleh pemerintah, yang juga membersihkan militan yang telah menguasai kota Marawi. Ancaman ISIS telah berhasil diimbangi di negara ini, setidaknya untuk saat ini.
Pada tahun 2018, terorisme akan tetap menjadi ancaman utama bagi Asia Tengah dan Tenggara. Harapkan Taliban untuk memperluas pengaruhnya lebih jauh di Afghanistan, karena ISIS terus berupaya untuk membangun pijakan yang lebih besar di wilayah ini. Ketegangan Pakistan-India dan Cina-India kemungkinan akan tetap berada dalam lingkup persaingan diplomatik dan ekonomi, kecuali peristiwa yang luar biasa dan tidak stabil. Ancaman tambahan dan penting terhadap stabilitas kawasan ini adalah berlanjutnya penerbangan anggota ISIS dari Suriah dan Irak ke Uzbekistan, Tajikistan, dan Daerah Otonomi Xinjiang Uygur di China.
China terus melakukan ekspansi di Asia Pasifik dengan mengubah Laut Cina Selatan menjadi zona anti-akses dan zona penyangkalan yang dikendalikan oleh militer China melalui jaringan pulau-pulau buatan. Selain itu, Beijing juga telah memperluas kemampuan maritim, pengangkutan udara, dan amfibi, dan secara aktif bekerja untuk mengalihkan keseimbangan kekuasaan di Pasifik, wilayah yang digambarkannya terbaring dalam lingkup pengaruhnya, melalui dominasi kekuatan angkatan laut di daerah.
Dalam istilah diplomatik dan ekonomi, China terus mengikuti kebijakan luar negeri yang seimbang, sambil memberikan sedikit dukungan diplomatik ke Rusia. Pendekatan yang dikalibrasi ini memungkinkan Beijing untuk melawan dominasi AS di beberapa wilayah, paling jelas di Timur Tengah, sambil menghindari konfrontasi terbuka dengan mitra ekonomi utamanya.
Selain ketegangan di Laut Cina Selatan, program nuklir dan rudal Korea Utara telah menjadi pusat perhatian di dalam masyarakat internasional. Korea Utara baru-baru ini melakukan uji coba nuklir lagi, dan telah menguji rudal balistik antar benua, yang diklaim memiliki jangkauan untuk mencapai target di daratan Amerika Serikat. Terlepas dari retorika perang seperti pemerintahan Trump dan pengenaan sanksi tambahan, tidak ada kemajuan yang dicapai dalam resolusi damai, namun Korea Utara hanya mempercepat upayanya untuk menjadi tenaga nuklir sepenuhnya. Dalam waktu dekat, situasi ini bisa melewati titik balik, ketika AS dibiarkan tanpa opsi militer dalam konfliknya dengan Korea Utara, dan perundingan tetap menjadi satu-satunya solusi. Jika situasi ini terjadi,
Pada 2018, China akan terus memperkuat posisi militer dan diplomatiknya di kawasan ini, dan menjadi negara adidaya regional, dan juga dalam perjalanan menuju dominasi global karena bersaing dengan AS. Korea Utara kemungkinan akan terus mengembangkan program nuklir dan misilnya, dan jika AS tidak menyerang, yang tidak mungkin, menjadi negara nuklir yang sepenuhnya matang.
Menjelang tahun 2017, menjadi jelas bahwa tahun ini, telah menjadi tahun yang sulit bagi semua umat manusia. Dunia bergetar karena ancaman baru konflik regional berskala besar dan potensi penggunaan senjata pemusnah massal. Tahun ini membawa eskalasi yang cukup besar antara pemain global utama, yang menciptakan risiko nyata dari konfrontasi langsung.
Pada saat yang sama, 2017 dapat diciptakan sebagai tahun, ketika ancaman yang dikenal dengan nama ISIS, sebuah negara teroris proxy, telah dieliminasi. Ini adalah tahun ketika kekuatan global dipaksa untuk berkompromi dalam kondisi yang paling ketat dan di tengah banyak konflik. Pemain internasional, yang mampu melakukan logika dan analisis mendalam, akan melepaskan pelajaran berharga dari tahun 2017, yang dapat membantu membuat dunia lebih aman.
Namun, pengalaman menunjukkan bahwa emosi, ketenangan dan proyek yang tidak dipahami sering kali menang atas akal sehat. Hasilnya, adalah rincian pendekatan diplomasi tradisional pragmatis dan seimbang. Kekasaran dan ketidakmampuan menjadi lebih umum di dalam lingkup organisasi internasional dan dalam hubungan bilateral. Ambisi kelompok berbasis elit kecil memaksa negara dan negara, untuk mengadopsi model perilaku yang secara jelas bertentangan dengan kepentingan mereka.
Sayangnya, semua ini menghalangi prognosis terang untuk tahun 2018. Dunia tidak akan menjadi lebih aman. Hubungan antara kekuatan global utama akan tetap tegang. Kemungkinan, mereka akan memburuk. Jumlah konflik regional berskala kecil tidak akan menurun. Penggunaan senjata pemusnah massal akan tetap menjadi ancaman nyata dalam kerangka konflik regional. Tingkat aktivitas teroris bisa meningkat. Kita hanya bisa berharap, bahwa kombinasi ancaman dan provokasi ini, akan mengarah pada penilaian ulang realitas dan de-eskalasi kekuatan di tahun-tahun berikutnya.

Sumber : https://southfront.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tinggalkan pesan dan komentar anda...